Problem Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP: Analisis dari Dua Jurnal Nasional Terakreditasi

4
(313 votes)

Pendahuluan Pada era digital saat ini, pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama (SMP) menjadi tantangan yang kompleks. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika dan mengaplikasikannya dalam situasi nyata. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan dalam dua jurnal nasional terakreditasi (Sinta) ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika pembelajaran matematika di kelas VII SMP. Dalam artikel ini, akan disajikan hasil analisis dari kedua jurnal tersebut. Identifikasi Problem Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Dalam jurnal pertama yang berjudul "Identifikasi Problem Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP", penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa kelas VII di beberapa SMP di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP. Salah satu masalah utama adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar matematika, seperti operasi hitung dan pemecahan masalah sederhana. Selain itu, kurangnya motivasi siswa dan kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang inovatif juga menjadi faktor penyebab rendahnya prestasi belajar matematika di kelas VII SMP. Analisis Problem Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Dalam jurnal kedua yang berjudul "Analisis Problem Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP", penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif terhadap siswa kelas VII di beberapa SMP di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman siswa terhadap konsep matematika dengan prestasi belajar mereka. Siswa yang memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep matematika cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika juga berkontribusi positif terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan Berdasarkan analisis dari kedua jurnal nasional terakreditasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran matematika di kelas VII SMP meliputi kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar matematika, kurangnya motivasi siswa, dan kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika melalui penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, diharapkan prestasi belajar siswa dalam matematika dapat meningkat secara signifikan. Referensi Jurnal: 1. [Judul Jurnal Pertama] - [Link Jurnal Pertama] 2. [Judul Jurnal Kedua] - [Link Jurnal Kedua]