Implementasi Strategi Token Ekonomi dalam Meningkatkan Perilaku Siswa Berkebutuhan Khusus di Insan Mandiri Homeschooling
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi strategi token ekonomi dalam meningkatkan perilaku siswa berkebutuhan khusus di Insan Mandiri Homeschooling. Insan Mandiri Homeschooling adalah sekolah inklusi yang menyediakan pendidikan khusus untuk anak-anak dengan gangguan psikologis seperti autisme, ADHD, dan learning disability. Dalam penelitian ini, penulis melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di Insan Mandiri Homeschooling dengan mengajar di kelas 2 SD inklusi serta mendampingi anak-anak TK. Selama PKL, penulis mengamati beberapa perilaku siswa yang bermasalah, seperti mencubit atau memukul siswa lain, mencorat-coret buku, tidak mematuhi instruksi guru, tidak mengerjakan PR, menolak mengerjakan tugas, makan berserakan, serta enggan merapikan barang atau mainan setelah digunakan. Untuk mengatasi perilaku siswa yang bermasalah, penulis menggunakan strategi token ekonomi. Penulis membuat token ekonomi dalam bentuk modul buku, dengan tujuan agar setiap siswa memiliki token ekonomi sendiri. Token tersebut juga dapat dibawa pulang ke rumah, sehingga orang tua dapat memantau aktivitas atau perilaku anak mereka di sekolah. Penulis merumuskan delapan perilaku target dalam token ekonomi yang disesuaikan dengan permasalahan perilaku siswa di sekolah. Pelaksanaan penilaian token ekonomi dilakukan sesuai jadwal siswa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi token ekonomi efektif dalam meningkatkan perilaku siswa berkebutuhan khusus di Insan Mandiri Homeschooling. Siswa-siswa menunjukkan perbaikan dalam perilaku mereka, seperti lebih patuh terhadap instruksi guru, mengerjakan tugas dengan lebih rajin, dan merapikan barang atau mainan setelah digunakan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Insan Mandiri Homeschooling. Strategi token ekonomi dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengatasi perilaku siswa yang bermasalah. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi sekolah inklusi lainnya dalam mengembangkan strategi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Praktik Kerja Lapangan, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Token Ekonomi.