Inquiry vs. Discovery: Mana yang Lebih Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis?

4
(187 votes)

Dalam dunia pendidikan, tujuan utama adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan. Salah satu keterampilan yang paling penting adalah berpikir kritis, yang memungkinkan individu untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan membuat keputusan yang tepat. Dua pendekatan utama yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis adalah inquiry dan discovery. Artikel ini akan mengeksplorasi kedua pendekatan ini, menganalisis efektivitas masing-masing dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan menyoroti perbedaan penting antara keduanya.

Inquiry: Mengajukan Pertanyaan untuk Meningkatkan Pemahaman

Inquiry adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan, mencari jawaban, dan membangun pemahaman mereka sendiri. Dalam pendekatan inquiry, guru berperan sebagai fasilitator, membimbing siswa melalui proses penyelidikan dan membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Pendekatan inquiry sering kali melibatkan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan yang kompleks.

Discovery: Menemukan Pengetahuan Melalui Eksplorasi

Discovery, di sisi lain, adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada eksplorasi dan penemuan. Dalam pendekatan discovery, siswa didorong untuk menjelajahi topik baru, bereksperimen, dan membuat penemuan mereka sendiri. Guru berperan sebagai pemandu, menyediakan sumber daya dan dukungan, tetapi memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung. Pendekatan discovery sering kali melibatkan penggunaan metode pembelajaran berbasis laboratorium, di mana siswa melakukan eksperimen dan mengumpulkan data untuk menguji hipotesis mereka.

Perbedaan Kunci Antara Inquiry dan Discovery

Perbedaan utama antara inquiry dan discovery terletak pada peran guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam inquiry, guru berperan sebagai fasilitator, membimbing siswa melalui proses penyelidikan. Dalam discovery, guru berperan sebagai pemandu, menyediakan sumber daya dan dukungan, tetapi memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung. Perbedaan lain terletak pada fokus pembelajaran. Inquiry berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui proses mengajukan pertanyaan dan mencari jawaban. Discovery berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui proses eksplorasi dan penemuan.

Efektivitas Inquiry dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Pendekatan inquiry telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Dengan mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan, menganalisis informasi, dan mengevaluasi argumen, inquiry membantu siswa mengembangkan kemampuan untuk berpikir secara independen dan kritis. Selain itu, inquiry membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah, yang semuanya penting untuk sukses dalam kehidupan.

Efektivitas Discovery dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Pendekatan discovery juga telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Dengan mendorong siswa untuk menjelajahi topik baru, bereksperimen, dan membuat penemuan mereka sendiri, discovery membantu siswa mengembangkan kemampuan untuk berpikir secara kreatif dan inovatif. Selain itu, discovery membantu siswa mengembangkan keterampilan ilmiah, seperti pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi data, yang semuanya penting untuk sukses dalam bidang STEM.

Kesimpulan

Baik inquiry maupun discovery adalah pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Inquiry berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui proses mengajukan pertanyaan dan mencari jawaban, sementara discovery berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui proses eksplorasi dan penemuan. Pendekatan terbaik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis akan bergantung pada tujuan pembelajaran, usia siswa, dan sumber daya yang tersedia. Penting untuk dicatat bahwa kedua pendekatan ini dapat digunakan secara bersamaan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan efektif.