Peristiwa Suksesi Sekunder dalam Kegiatan Pelajar Pancasila Projek P 5 di Hutan Sekolah SMA Negeri 1 Ponorogo

4
(328 votes)

Suksesi sekunder adalah proses perubahan komunitas tumbuhan dan hewan yang terjadi setelah terjadinya gangguan atau perubahan lingkungan. Salah satu contoh suksesi sekunder yang menarik untuk dibahas adalah kegiatan pelajar Pancasila Projek P 5 yang dilakukan di hutan sekolah SMA Negeri 1 Ponorogo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Dalam kegiatan ini, siswa bekerja sama dengan guru dan staf sekolah untuk melakukan rehabilitasi hutan yang telah mengalami kerusakan akibat penebangan liar dan pembakaran hutan. Mereka melakukan penanaman kembali pohon-pohon yang telah ditebang, membersihkan sampah, dan membangun sarana pendukung seperti jalan setapak dan tempat duduk. Proses suksesi sekunder dapat diamati dengan jelas dalam kegiatan ini. Awalnya, setelah terjadinya gangguan, hutan sekolah mengalami kekosongan dan hanya terdapat sedikit tumbuhan yang mampu bertahan. Namun, dengan adanya upaya penanaman kembali oleh siswa, tumbuhan-tumbuhan baru mulai tumbuh dan mengisi ruang yang kosong. Beberapa tahun kemudian, hutan sekolah kembali menjadi habitat yang subur dan beragam, dengan berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi siswa. Mereka belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menjadi lebih sadar akan peran mereka sebagai pelindung alam. Melalui kegiatan ini, siswa juga belajar tentang kerjasama tim, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan pelajar Pancasila Projek P 5 di hutan sekolah SMA Negeri 1 Ponorogo merupakan contoh nyata dari suksesi sekunder yang berhasil dilakukan oleh siswa. Melalui upaya mereka, hutan sekolah kembali pulih dan menjadi lingkungan yang sehat dan lestari. Selain itu, siswa juga mendapatkan pengalaman berharga dan pembelajaran yang tidak dapat diperoleh di dalam kelas. Dalam era yang semakin sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan, kegiatan seperti ini menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam. Dengan adanya kesadaran dan tindakan nyata dari generasi muda, kita dapat memastikan bahwa lingkungan kita tetap lestari untuk masa depan yang lebih baik.