Dampak Penggunaan Game Online Terhadap Kefokusan Murid di Kelas E7

4
(227 votes)

Bab 1: Pendahuluan a. Latar Belakang Masalah b. Identifikasi Masalah c. Pembatasan Masalah d. Perumusan Masalah e. Manfaat Penelitian Bab 2: Tinjauan Pustaka a. Definisi Game Online b. Penggunaan Game Online di Kalangan Murid c. Dampak Penggunaan Game Online Terhadap Kefokusan Murid Bab 3: Metodologi Penelitian a. Desain Penelitian b. Sampel Penelitian c. Instrumen Penelitian d. Prosedur Penelitian Bab 4: Analisis Data a. Pengolahan Data b. Hasil Penelitian Bab 5: Pembahasan a. Interpretasi Hasil Penelitian b. Implikasi Temuan Penelitian c. Rekomendasi Bab 6: Kesimpulan a. Ringkasan Temuan Penelitian b. Saran untuk Penelitian Selanjutnya Daftar Pustaka Catatan: Konten artikel harus berfokus pada dampak penggunaan game online terhadap kefokusan murid di kelas E7. Pastikan untuk menghindari konten yang sensitif dan menjaga gaya penulisan yang optimis dan positif.