Perang Sarung: Bang Bang
Sarung Atlas dan Penyesuaian: Sarung Atlas adalah salah satu sarung yang memiliki damage yang sedikit. Untuk meningkatkan kinerjanya, kami memberikan sedikit buff pada sarung ini. Base damage dari sarung Atlas ditingkatkan dari $120 menjadi 200. Selain itu, skill 1 (Tangkis) dari sarung ini juga mengalami penyesuaian. Sekarang, skill ini dapat mengembalikan 20% hingga 40% damage yang diterima selama 1 hingga 3 detik. Terakhir, ultimate (Spinner) dari sarung Atlas juga ditingkatkan. Sekarang, sarung ini akan berputar sebanyak 10 kali dan menyebabkan efek silence serta knockback pada lawan. Damage yang diberikan oleh setiap putaran juga meningkat dari 25 menjadi 30. Sarung Gajah Duduk dan Penyesuaian: Sarung Gajah Duduk menjadi salah satu sarung yang sangat populer dan banyak digunakan. Oleh karena itu, kami melakukan beberapa penyesuaian pada sarung ini. Base damage dari sarung Gajah Duduk dikurangi dari 200 menjadi 180. Selain itu, pasif dari sarung ini juga mengalami perubahan. Sekarang, sarung ini akan menyebabkan efek memar selama 5 hingga 10 detik dan meningkatkan damage selanjutnya sebesar 10% hingga 25% dari max HP lawan. Terakhir, skill 1 (Mengikat Batu) dari sarung ini juga mengalami penyesuaian. Sekarang, skill ini akan menyebabkan efek bleeding pada lawan yang menyebabkan damage berkelanjutan sebesar 10% hingga 7% dari max HP lawan. Sarung Wadimor dan Penyesuaian: Sarung Wadimor menjadi salah satu sarung yang sering digunakan oleh pemain. Oleh karena itu, kami melakukan nerf pada sarung ini untuk menjaga keseimbangan permainan. Base damage dari sarung Wadimor dikurangi dari 400 menjadi 270. Selain itu, skill 2 (Jepret) dari sarung ini juga mengalami penyesuaian. Sekarang, skill ini akan menyebabkan efek knockback pada target yang ditentukan sejauh 10 cm dan memberikan damage sebesar 195. Sarung Mangga dan Penyesuaian: Sarung Mangga adalah salah satu sarung yang jarang digunakan oleh pemain. Untuk meningkatkan popularitasnya, kami melakukan beberapa penyesuaian pada sarung ini. Base damage dari sarung Mangga ditingkatkan dari 100 menjadi 200. Selain itu, skill 1 (Hot Attack) dari sarung ini juga mengalami penyesuaian. Sekarang, pemakaian energi untuk skill ini dikurangi dari 60 menjadi 50, cooldownnya juga dikurangi dari 10 menjadi 7, dan efek slow yang diberikan oleh skill ini bertambah dari 3 detik menjadi 5 detik. Terakhir, skill 2 (Maling) dari sarung ini juga mengalami penyesuaian. Sekarang, efek conceal yang diberikan oleh skill ini bertambah dari 5 detik menjadi 8 detik, dan meningkatkan basic attack berikutnya sebesar 20% hingga 50% setelah menggunakan basic attack atau skill lain. Karpet Masjid dan Penambahan Item Baru: Selain melakukan penyesuaian pada sarung-sarung yang ada, kami juga menambahkan item baru yaitu Karpet Masjid. Item ini memiliki base damage antara 10 hingga 500. Selain itu, item ini juga memiliki pasif yang unik. Basic attack harus di charge, dan semakin lama charge, semakin tinggi damage yang diberikan. Selain itu, item ini juga memiliki skill 1 (Blender) yang dapat digunakan hingga 3 kali. Skill ini akan membuat karpet bergerak berputar dan memberikan damage kepada lawan. Dengan penyesuaian dan penambahan item baru ini, kami berharap dapat meningkatkan keseimbangan permainan dan memberikan pengalaman bermain yang lebih seru bagi para pemain.