Perbandingan Model Inkuiri Apresiatif dengan Model Pembelajaran Tradisional di Era Digital

4
(215 votes)

Model pembelajaran terus mengalami evolusi, didorong oleh kemajuan teknologi dan perubahan kebutuhan pendidikan di era digital. Di antara berbagai pendekatan yang muncul, model inkuiri apresiatif dan model pembelajaran tradisional menjadi dua kutub dengan filosofi dan praktik yang berbeda. Memahami perbandingan antara kedua model ini sangat penting dalam mengoptimalkan pengalaman belajar di era digital. <br/ > <br/ >#### Fokus dan Tujuan yang Berbeda <br/ > <br/ >Model inkuiri apresiatif, sesuai namanya, berpusat pada penggalian dan penghargaan terhadap aspek positif, potensi, dan aset yang ada dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini mendorong siswa untuk mengidentifikasi kekuatan, nilai, dan pengalaman sukses mereka sebagai landasan untuk pertumbuhan dan pengembangan lebih lanjut. Di sisi lain, model pembelajaran tradisional cenderung berfokus pada penyampaian informasi dari guru kepada siswa. Pengetahuan dianggap sebagai sesuatu yang statis dan terstruktur, yang disampaikan melalui metode ceramah, hafalan, dan latihan. <br/ > <br/ >#### Peran Guru dan Siswa <br/ > <br/ >Peran guru dan siswa dalam kedua model ini juga sangat berbeda. Dalam model inkuiri apresiatif, guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing, dan rekan belajar. Mereka menciptakan lingkungan belajar yang positif, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang pemikiran kritis, dan mendorong siswa untuk menemukan jawabannya sendiri. Sebaliknya, model pembelajaran tradisional menempatkan guru sebagai pemegang otoritas utama dalam proses pembelajaran. Siswa diharapkan untuk mendengarkan, mencatat, dan mengikuti instruksi guru. <br/ > <br/ >#### Metode dan Strategi Pembelajaran <br/ > <br/ >Model inkuiri apresiatif menekankan penggunaan metode pembelajaran aktif yang mendorong partisipasi, kolaborasi, dan refleksi diri. Diskusi kelompok, studi kasus, pembelajaran berbasis proyek, dan presentasi merupakan beberapa contoh strategi yang umum digunakan. Model pembelajaran tradisional, di sisi lain, sering kali bergantung pada metode ceramah, demonstrasi, dan latihan tertulis. Meskipun metode ini masih relevan dalam konteks tertentu, namun dianggap kurang efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang mendalam dan bermakna di era digital. <br/ > <br/ >#### Penilaian dan Evaluasi <br/ > <br/ >Penilaian dalam model inkuiri apresiatif bersifat holistik dan berfokus pada proses serta hasil belajar. Portofolio, presentasi, dan refleksi diri digunakan untuk melacak perkembangan siswa dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Model pembelajaran tradisional, sebaliknya, cenderung menekankan pada penilaian sumatif melalui tes standar dan ujian tertulis. Penilaian ini sering kali berfokus pada pengukuran hafalan dan pemahaman konseptual yang sempit. <br/ > <br/ >Perbandingan antara model inkuiri apresiatif dan model pembelajaran tradisional menyoroti perubahan lanskap pendidikan di era digital. Model inkuiri apresiatif, dengan penekanannya pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran aktif, dan penilaian holistik, menawarkan pendekatan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan tantangan abad ke-21. Meskipun model pembelajaran tradisional masih memiliki tempatnya dalam konteks tertentu, namun penting bagi para pendidik untuk mengadopsi dan mengintegrasikan elemen-elemen dari model inkuiri apresiatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, bermakna, dan memberdayakan bagi siswa di era digital. <br/ >