Peran Nativisme dalam Perkembangan Bahasa Anak

4
(301 votes)

Manusia, tidak seperti spesies lain, memiliki kemampuan luar biasa untuk memperoleh dan menggunakan bahasa secara kompleks. Kemampuan bawaan ini telah memicu perdebatan selama beberapa dekade di antara para ahli bahasa dan psikolog: Apakah bahasa merupakan hasil belajar dari lingkungan, atau apakah itu terprogram secara genetik dalam diri kita? Pandangan yang semakin dominan, yang didukung oleh banyak bukti, adalah bahwa anak-anak dilahirkan dengan kapasitas bawaan untuk mempelajari bahasa—sebuah konsep yang dikenal sebagai nativisme. Esai ini menyelidiki peran penting nativisme dalam perkembangan bahasa anak.

Kapasitas Bawaan untuk Bahasa

Di jantung nativisme terletak gagasan tentang Tata Bahasa Universal (GU)—sekumpulan prinsip linguistik bawaan yang dimiliki oleh semua manusia. Dikembangkan oleh ahli bahasa Noam Chomsky, teori GU menunjukkan bahwa anak-anak dilengkapi dengan kerangka kerja linguistik yang memungkinkan mereka untuk menguraikan, memahami, dan menghasilkan bahasa. Kerangka kerja bawaan ini, menurut para nativis, menjelaskan mengapa anak-anak dari berbagai budaya dapat mempelajari bahasa ibu mereka dengan kecepatan dan efisiensi yang luar biasa, sebuah fenomena yang dikenal sebagai akuisisi bahasa anak usia dini.

Bukti Nativisme

Dukungan empiris untuk nativisme berasal dari berbagai sumber. Misalnya, anak-anak menunjukkan pemahaman intuitif tentang struktur tata bahasa bahkan sebelum mereka terpapar instruksi formal. Mereka secara alami memperoleh aturan tata bahasa bahasa mereka, membuat kesalahan gramatikal yang jarang terjadi pada input linguistik yang mereka temui. Selain itu, studi tentang anak-anak yang terisolasi dari paparan bahasa yang berarti, seperti anak-anak tunarungu yang tidak diajari bahasa isyarat, menunjukkan bahwa mereka mengembangkan sistem komunikasi yang mirip dengan bahasa, yang selanjutnya memperkuat gagasan tentang kemampuan bahasa bawaan.

Peran Input Bahasa

Meskipun nativisme menekankan pada kemampuan bawaan, nativisme mengakui pentingnya input bahasa dalam perkembangan bahasa anak. Input bahasa berfungsi sebagai pemicu, mengaktifkan dan membentuk kemampuan linguistik laten anak. Sama seperti seorang tukang kebun membutuhkan tanah yang subur untuk menanam benih, anak-anak membutuhkan lingkungan yang kaya bahasa untuk mengembangkan potensi bahasa mereka sepenuhnya. Paparan bahasa yang konsisten dan bermakna, melalui interaksi dengan pengasuh dan orang lain, memberi anak-anak data linguistik yang diperlukan untuk menyempurnakan kemampuan tata bahasa mereka dan membangun kosakata mereka.

Interaksi antara Bawaan dan Lingkungan

Perkembangan bahasa bukanlah proposisi yang menguntungkan semua orang; melainkan, ini melibatkan interaksi yang kompleks antara faktor bawaan dan lingkungan. Nativisme memberikan dasar, cetak biru untuk akuisisi bahasa, sementara input bahasa berfungsi sebagai katalis yang membentuk dan membentuk lintasan perkembangan bahasa. Anak-anak dilahirkan dengan kemampuan untuk mempelajari bahasa, tetapi lingkungan tempat mereka tumbuh, kualitas dan kuantitas input bahasa yang mereka terima, secara signifikan memengaruhi kemahiran dan kefasihan bahasa mereka.

Singkatnya, nativisme menawarkan penjelasan yang menarik tentang perkembangan bahasa anak yang luar biasa. Keberadaan Tata Bahasa Universal, yang dibuktikan dengan kemampuan bawaan anak-anak untuk memperoleh bahasa, menyoroti sifat manusia dari bahasa. Sementara input bahasa tetap penting untuk mengaktifkan dan membentuk kemampuan linguistik, nativisme menegaskan bahwa anak-anak dilahirkan dengan perangkat bawaan yang memungkinkan mereka untuk mengungkap kompleksitas bahasa, yang membentuk kemampuan mereka untuk berkomunikasi, belajar, dan berpartisipasi penuh dalam dunia di sekitar mereka.