Mengapa 2+2² Sama dengan 8?

4
(184 votes)

Dalam matematika, terdapat berbagai operasi yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan hasil yang berbeda. Salah satu operasi dasar adalah penjumlahan, yang melibatkan penambahan dua atau lebih angka. Namun, ketika kita memasuki dunia eksponen, operasi ini dapat menjadi sedikit rumit. Dalam kasus ini, kita akan membahas mengapa 2+2² sama dengan 8. Untuk memahami ini, kita perlu mengingat aturan eksponen. Aturan ini menyatakan bahwa ketika kita memiliki angka yang dinaikkan ke pangkat, kita harus mengalikan angka tersebut dengan dirinya sendiri sebanyak pangkat yang ditentukan. Dalam kasus ini, kita memiliki angka 2 yang dinaikkan ke pangkat 2. Artinya, kita harus mengalikan 2 dengan dirinya sendiri sebanyak 2 kali. Jadi, 2+2² sebenarnya adalah 2+2x2, yang sama dengan 2+4, yang pada akhirnya sama dengan 6. Namun, mengapa kita mengatakan bahwa 2+2² sama dengan 8? Ini mungkin terdengar aneh pada awalnya, tetapi mari kita lihat lebih dekat. Ketika kita menulis 2+2², kita sebenarnya menggunakan notasi matematika yang disebut notasi infix. Notasi ini mengikuti urutan operasi matematika yang umum, di mana operasi pangkat dilakukan sebelum operasi penjumlahan. Jadi, ketika kita menulis 2+2², kita sebenarnya menghitung 2² terlebih dahulu, yang sama dengan 4. Kemudian, kita menambahkan 2 dengan hasil pangkat tersebut, yang sama dengan 6. Namun, dalam notasi infix, kita menulis 2+2², yang secara visual terlihat seperti 2+4. Ini adalah contoh bagaimana notasi matematika dapat membingungkan jika tidak dipahami dengan benar. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang aturan eksponen dan urutan operasi matematika, kita dapat memahami mengapa 2+2² sebenarnya sama dengan 6, meskipun notasi infix mungkin menunjukkan sebaliknya. Jadi, kesimpulannya, 2+2² sebenarnya sama dengan 6, bukan 8. Namun, dalam notasi infix, kita dapat melihat mengapa orang mungkin berpikir bahwa itu sama dengan 8. Penting untuk memahami aturan matematika dengan benar agar tidak terjebak dalam kesalahpahaman semacam ini.