Bagaimana Cara Kerja Mesin 4 Tak?

4
(261 votes)

Mesin 4 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam yang paling umum digunakan dalam kendaraan bermotor. Mesin ini bekerja dengan siklus empat langkah yang terdiri dari hisap, kompresi, pembakaran, dan buang. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara rinci bagaimana mesin 4 tak bekerja dan mengapa ini menjadi pilihan yang populer dalam industri otomotif. Langkah pertama dalam siklus mesin 4 tak adalah langkah hisap. Pada langkah ini, piston bergerak ke bawah dalam silinder, menciptakan ruang hampa udara di dalamnya. Klep hisap terbuka, memungkinkan campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder. Proses ini membutuhkan tekanan rendah dan menghasilkan hisapan udara yang kuat. Langkah kedua adalah langkah kompresi. Setelah piston mencapai titik terendahnya, ia mulai bergerak ke atas lagi. Klep hisap dan klep buang tertutup, memperkecil ruang di dalam silinder. Hal ini menyebabkan tekanan udara dan bahan bakar meningkat, menciptakan campuran yang lebih padat dan mudah terbakar. Langkah ketiga adalah langkah pembakaran. Pada langkah ini, busi menyala dan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar terbakar secara tiba-tiba. Proses ini menghasilkan ledakan yang kuat dan mendorong piston ke bawah dengan kekuatan yang besar. Energi yang dihasilkan dari ledakan ini kemudian digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Langkah terakhir adalah langkah buang. Setelah langkah pembakaran selesai, klep buang terbuka dan piston bergerak ke atas lagi. Hal ini memaksa gas buang keluar dari silinder dan masuk ke sistem knalpot. Proses ini membersihkan silinder dari sisa-sisa pembakaran dan mempersiapkan mesin untuk siklus berikutnya. Mesin 4 tak memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis mesin lainnya. Pertama, mesin ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Siklus empat langkah memungkinkan mesin untuk menghasilkan lebih banyak tenaga dengan jumlah bahan bakar yang lebih sedikit. Selain itu, mesin 4 tak juga lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi yang lebih rendah. Dalam kesimpulan, mesin 4 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam yang paling umum digunakan dalam kendaraan bermotor. Mesin ini bekerja dengan siklus empat langkah yang terdiri dari hisap, kompresi, pembakaran, dan buang. Mesin 4 tak memiliki keunggulan dalam efisiensi bahan bakar dan emisi yang rendah. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja mesin ini, kita dapat menghargai betapa pentingnya teknologi ini dalam dunia otomotif.