Mengenal Jenis-Jenis Sistem Pengapian Sepeda Motor

4
(185 votes)

Sepeda motor, sebagai alat transportasi yang praktis dan efisien, mengandalkan sistem pengapian untuk menyalakan mesinnya. Sistem pengapian berperan penting dalam menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar, sehingga menghasilkan tenaga yang menggerakkan roda. Sistem pengapian sepeda motor telah mengalami perkembangan signifikan dari waktu ke waktu, melahirkan berbagai jenis sistem dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Sistem Pengapian Konvensional (Kontak Putus)

Sistem pengapian konvensional, yang juga dikenal sebagai sistem kontak putus, merupakan sistem pengapian yang paling sederhana dan paling umum digunakan pada sepeda motor lawas. Sistem ini menggunakan kontak breaker sebagai komponen utama untuk memutus dan menghubungkan arus listrik ke kumparan primer. Kontak breaker terdiri dari dua buah plat logam yang saling bersentuhan dan dipisahkan oleh celah udara. Ketika poros engkol berputar, camshaft memutar kontak breaker, menyebabkan plat logam saling mendekat dan menjauh, sehingga arus listrik terputus dan terhubung secara bergantian. Putusnya arus listrik di kumparan primer menghasilkan induksi elektromagnetik yang menghasilkan tegangan tinggi di kumparan sekunder, yang kemudian dialirkan ke busi untuk menghasilkan percikan api.

Sistem Pengapian Elektronik (Kontak Putus)

Sistem pengapian elektronik merupakan pengembangan dari sistem pengapian konvensional. Sistem ini mengganti kontak breaker dengan komponen elektronik, seperti transistor atau IC, untuk mengatur waktu pengapian. Sistem pengapian elektronik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sistem konvensional, seperti ketahanan terhadap keausan, ketepatan waktu pengapian, dan kemudahan perawatan. Sistem ini bekerja dengan cara mengubah sinyal dari sensor putaran mesin menjadi sinyal elektronik yang mengontrol arus listrik ke kumparan primer.

Sistem Pengapian CDI (Capacitive Discharge Ignition)

Sistem pengapian CDI merupakan sistem pengapian elektronik yang menggunakan kapasitor untuk menyimpan energi listrik. Sistem ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan percikan api yang lebih kuat dan lebih konsisten dibandingkan sistem pengapian elektronik konvensional. Sistem CDI bekerja dengan cara mengisi kapasitor dengan energi listrik dari kumparan primer. Ketika waktu pengapian tiba, kapasitor melepaskan energi listriknya secara tiba-tiba ke kumparan sekunder, menghasilkan tegangan tinggi yang dialirkan ke busi.

Sistem Pengapian TCI (Transistor Controlled Ignition)

Sistem pengapian TCI merupakan sistem pengapian elektronik yang menggunakan transistor untuk mengontrol arus listrik ke kumparan primer. Sistem ini memiliki keunggulan dalam mengatur waktu pengapian secara lebih presisi dan responsif terhadap perubahan putaran mesin. Sistem TCI bekerja dengan cara menerima sinyal dari sensor putaran mesin dan sensor posisi throttle, kemudian mengolah sinyal tersebut untuk menentukan waktu pengapian yang optimal.

Sistem Pengapian Digital

Sistem pengapian digital merupakan sistem pengapian elektronik yang menggunakan mikroprosesor untuk mengontrol waktu pengapian. Sistem ini memiliki keunggulan dalam mengatur waktu pengapian secara lebih akurat dan fleksibel, serta dapat diprogram untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi mesin. Sistem pengapian digital bekerja dengan cara menerima sinyal dari berbagai sensor, seperti sensor putaran mesin, sensor posisi throttle, sensor suhu, dan sensor tekanan udara. Mikroprosesor kemudian mengolah sinyal tersebut untuk menentukan waktu pengapian yang optimal, serta mengatur intensitas percikan api yang dihasilkan oleh busi.

Kesimpulan

Sistem pengapian sepeda motor telah mengalami perkembangan signifikan dari waktu ke waktu, melahirkan berbagai jenis sistem dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing. Sistem pengapian konvensional, sistem pengapian elektronik, sistem pengapian CDI, sistem pengapian TCI, dan sistem pengapian digital, masing-masing memiliki peran penting dalam meningkatkan performa dan efisiensi mesin sepeda motor. Pemilihan jenis sistem pengapian yang tepat akan bergantung pada jenis sepeda motor, kebutuhan pengguna, dan kondisi operasional.