Pengaruh Media Stik Es Krim sebagai Media Konkret untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas 2 SD

4
(241 votes)

Pendahuluan: Penggunaan media dalam pembelajaran matematika telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Salah satu media yang menarik perhatian adalah stik es krim. Artikel ini akan membahas pengaruh penggunaan media stik es krim sebagai media konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kelas 2 SD. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas 2 SD yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan media stik es krim dalam pembelajaran matematika, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media stik es krim secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas 2 SD. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam skor posttest dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media stik es krim efektif dalam membantu siswa memahami konsep matematika dengan cara yang konkret dan menyenangkan. Diskusi: Penggunaan media stik es krim dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa mengaitkan konsep abstrak dengan objek konkret. Hal ini memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan dan memahami konsep matematika dengan lebih baik. Selain itu, penggunaan media stik es krim juga dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media stik es krim sebagai media konkret efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kelas 2 SD. Penggunaan media ini dapat membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan motivasi serta minat mereka dalam pembelajaran matematika. Saran: Dalam implementasi penggunaan media stik es krim, guru perlu memastikan bahwa penggunaan media ini terintegrasi dengan baik dalam pembelajaran matematika. Selain itu, perlu juga dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi penggunaan media stik es krim dalam pembelajaran matematika di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Dengan demikian, penggunaan media stik es krim sebagai media konkret dapat menjadi alternatif yang menarik dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kelas 2 SD.