**\x0a - "Mengembangkan Rencana Program Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan di Kelas Rendah"\x0a\x0a2. **Isi Makalah:**\x0a \x0a *
* <br/ > <br/ > Rencana program pembelajaran (RPP) adalah instrumen penting dalam mengembangkan keterampilan mendengarkan di kelas rendah. Dalam konteks ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana menyusun RPP yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan dengan fokus pada materi SKKD mengacu pada deskripsi, dongeng, pesan pendek, puisi, melakukan sesuatu, mengomentari tokoh cerita anak, cerita pengalaman teman, dan dialog drama. <br/ > <br/ > *Pendahuluan:* <br/ > - Mengapa RPP penting dalam pengembangan keterampilan mendengarkan di kelas rendah. <br/ > - Tujuan dari artikel ini adalah memberikan panduan praktis untuk menyusun RPP yang efektif. <br/ > <br/ > *Isi:* <br/ > 1. Komponen RPP: <br/ > - Standar kompetensi dan indikator sebagai landasan utama. <br/ > - Tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur. <br/ > 2. Pemilihan Materi dan Pendekatan Pembelajaran: <br/ > - Memilih materi yang relevan dengan konteks sehari-hari siswa. <br/ > 3. Strategi Pembelajaran: <br/ > - Menerapkan pendekatan kontekstual untuk membangun kecakapan hidup siswa. <br/ > 4. Penilaian dan Tindak Lanjut: <br/ > - Menentukan alat penilaian yang sesuai dengan indikator. <br/ > 5. Contoh Implementasi RPP: <br/ > - Contoh konkret bagaimana menyusun RPP berdasarkan materi SKKD. <br/ > <br/ > *Kesimpulan:* <br/ > - Menggunakan RPP sebagai alat strategis untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan di kelas rendah melalui penyusunan yang terstruktur dan berfokus pada kebutuhan siswa. <br/ > <br/ >Harap dicatat bahwa artikel ini didasarkan pada persyaratan input dan disusun sesuai dengan format yang ditentukan.