Hubungan Antara Kedaulatan dan Agama dalam Leviathan dan Islam

4
(248 votes)

Karya monumental Thomas Hobbes tahun 1651, Leviathan, memberikan kerangka politik yang berpengaruh yang berpusat di sekitar konsep kedaulatan. Hobbes, yang menulis selama masa pergolakan sipil di Inggris, berpendapat bahwa masyarakat yang kacau membutuhkan penguasa absolut untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Dalam Islam, konsep kedaulatan dipandang melalui prisma wahyu ilahi dan bimbingan moral yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Sunnah (ajaran Nabi Muhammad). Esai ini menyelidiki hubungan antara kedaulatan dan agama sebagaimana dipahami dalam Leviathan Hobbes dan pemikiran Islam, menyoroti titik temu dan perbedaan.

Kekuatan Absolut Leviathan

Hobbes berpendapat bahwa manusia secara inheren dimotivasi oleh pengejaran kekuasaan yang egois dan ketakutan akan kematian. Tanpa kendali kekuasaan absolut, manusia akan hidup dalam "keadaan alamiah" yang anarkis, di mana kehidupan akan menjadi "perang semua melawan semua." Untuk melarikan diri dari keberadaan yang brutal ini, individu menyerahkan hak-hak mereka kepada penguasa yang berdaulat, yang memiliki kekuatan tak terbatas untuk menegakkan hukum dan menghukum pelanggar. Kedaulatan Leviathan, menurut Hobbes, berasal dari perjanjian sosial di antara individu yang setuju untuk tunduk pada kekuasaan absolut dengan imbalan keamanan dan ketertiban.

Kedaulatan Ilahi dalam Islam

Dalam Islam, kedaulatan tertinggi terletak pada Tuhan (Allah), pencipta dan pemelihara segala sesuatu. Konsep tauhid, atau keesaan Tuhan, merupakan inti dari kepercayaan Islam, yang menegaskan bahwa Allah adalah satu-satunya sumber otoritas dan kekuasaan. Kedaulatan Allah mencakup semua aspek kehidupan, dan hukum Islam, yang dikenal sebagai Syariah, dipandang sebagai perwujudan dari kehendak ilahi-Nya. Tidak seperti Leviathan Hobbes, yang memperoleh legitimasinya dari perjanjian sosial, legitimasi penguasa dalam Islam berasal dari kepatuhan mereka terhadap hukum Tuhan dan peran mereka sebagai pelayan kehendak ilahi.

Peran Hukum

Baik Leviathan maupun pemikiran Islam mengakui pentingnya hukum dalam menjaga ketertiban dan keadilan. Hukum Leviathan, yang diberlakukan oleh penguasa yang berdaulat, dirancang untuk mencegah kekacauan dan mempromosikan kesejahteraan bersama. Demikian pula, hukum Islam, yang diwahyukan oleh Tuhan, memberikan kerangka kerja komprehensif yang mengatur semua aspek kehidupan, dari ibadah dan moralitas hingga transaksi keuangan dan pemerintahan. Namun, sumber dan tujuan hukum berbeda dalam kedua sistem tersebut. Hukum Leviathan berakar pada alasan dan pragmatisme sekuler, yang bertujuan untuk mengendalikan sifat manusia dan menjaga ketertiban sosial. Sebaliknya, hukum Islam dipandang sebagai ekspresi dari kehendak ilahi, yang bertujuan untuk membimbing manusia menuju keselamatan di dunia ini dan di akhirat.

Batasan Kedaulatan

Sementara Leviathan Hobbes berpendapat untuk kekuasaan absolut, pemikiran Islam mengakui batasan pada otoritas penguasa. Dalam Islam, penguasa tidak berada di atas hukum tetapi tunduk padanya, bersama dengan rakyat. Konsep al-amr bi'l-ma'ruf wa'l-nahy 'an al-munkar (memerintahkan yang benar dan melarang yang salah) mewajibkan umat Islam, termasuk mereka yang berposisi berwenang, untuk berbicara menentang ketidakadilan dan penindasan. Selain itu, para sarjana Islam telah menekankan pentingnya shura (konsultasi) dalam pengambilan keputusan, menekankan bahwa penguasa harus berkonsultasi dengan para sarjana agama dan perwakilan rakyat.

Kesimpulannya, Leviathan Hobbes dan pemikiran Islam menawarkan perspektif yang berbeda tentang hubungan antara kedaulatan dan agama. Sementara Hobbes berpendapat untuk penguasa absolut yang memperoleh legitimasinya dari perjanjian sosial, Islam menegaskan kedaulatan tertinggi Tuhan dan memandang hukum ilahi sebagai dasar ketertiban dan keadilan. Sementara pemikiran Islam mengakui otoritas penguasa, ia juga menekankan tanggung jawab moral mereka, kepatuhan mereka terhadap hukum ilahi, dan pentingnya konsultasi dalam pengambilan keputusan. Memahami nuansa perspektif-perspektif ini memberikan wawasan yang berharga tentang konsep-konsep kedaulatan, hukum, dan hubungan antara negara dan agama yang terus membentuk lanskap politik dan agama kita.