Pengaruh Sosial Media terhadap Kualitas Pendidikan: Proposal Penelitian

4
(224 votes)

I. Pendahuluan A. Latar Belakang 1. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama sosial media, telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. 2. Sosial media telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari siswa, dengan penggunaan yang meluas di kalangan remaja dan dewasa muda. 3. Dalam konteks pendidikan, sosial media dapat memiliki dampak positif dan negatif terhadap kualitas pendidikan. B. Rumusan Masalah 1. Bagaimana penggunaan sosial media mempengaruhi kualitas pendidikan? 2. Apa saja dampak positif dan negatif penggunaan sosial media dalam konteks pendidikan? 3. Bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan sosial media untuk meningkatkan kualitas pendidikan? II. Tujuan Penelitian A. Tujuan Umum Meneliti pengaruh sosial media terhadap kualitas pendidikan dan mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan penggunaan sosial media dalam konteks pendidikan. B. Tujuan Khusus 1. Menganalisis dampak positif dan negatif penggunaan sosial media terhadap kualitas pendidikan. 2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sosial media dalam konteks pendidikan. 3. Mengembangkan strategi yang dapat meningkatkan penggunaan sosial media untuk tujuan pendidikan. III. Metode Penelitian A. Desain Penelitian 1. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. 2. Pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa dan guru. B. Sampel Penelitian 1. Siswa SMA di wilayah tertentu. 2. Guru-guru yang terlibat dalam proses pembelajaran menggunakan sosial media. C. Analisis Data 1. Pengolahan data menggunakan metode statistik deskriptif. 2. Analisis data kualitatif untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam. IV. Tinjauan Pustaka A. Pengaruh Sosial Media terhadap Kualitas Pendidikan 1. Dampak positif sosial media dalam meningkatkan akses informasi dan pembelajaran kolaboratif. 2. Dampak negatif sosial media dalam mengganggu konsentrasi dan memicu perilaku tidak sehat. B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Sosial Media dalam Konteks Pendidikan 1. Faktor individu, seperti minat dan kemampuan teknologi. 2. Faktor lingkungan, seperti dukungan dari sekolah dan keluarga. V. Strategi Meningkatkan Penggunaan Sosial Media dalam Konteks Pendidikan A. Melibatkan guru dalam pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan sosial media. B. Memberikan pelatihan kepada guru dalam penggunaan sosial media sebagai alat pembelajaran. C. Mendorong kolaborasi antara siswa dan guru melalui platform sosial media. VI. Kesimpulan A. Ringkasan temuan penelitian B. Implikasi penelitian C. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya VII. Daftar Pustaka Catatan: Konten di atas hanya merupakan contoh dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan artikel yang sebenarnya.