Peran Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Modul Ajar Ekologi untuk Pendidikan Menengah
Pendahuluan <br/ >Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan dan pembaruan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. Salah satu perubahan signifikan adalah penerapan Kurikulum Merdeka yang menawarkan fleksibilitas dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kurikulum ini memberikan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan modul ajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa, termasuk dalam bidang ekologi. Pentingnya pemahaman ekologi bagi generasi muda tidak dapat diabaikan, mengingat semakin kompleksnya permasalahan lingkungan yang dihadapi dunia saat ini. Melalui modul ajar ekologi yang terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka, diharapkan siswa dapat mengembangkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. <br/ > <br/ >Kurikulum Merdeka memberikan peluang besar bagi pengembangan dan penerapan modul ajar ekologi yang efektif di pendidikan menengah. Fleksibilitas kurikulum ini memungkinkan guru untuk merancang pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, sehingga siswa dapat memahami pentingnya ekologi dan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. Modul ajar ekologi yang dikembangkan dengan baik dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam menghadapi tantangan lingkungan di masa depan. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka dan modul ajar ekologi menjadi kunci penting dalam membentuk generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. <br/ >