Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Analitik Sintetik (SAS) dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP)

3
(357 votes)

Pendahuluan: Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan anak usia dini. MMP bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis pada anak usia dini agar mereka dapat menguasai keterampilan dasar dalam membaca dan menulis. Dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran MMP, metode Analitik Sintetik (SAS) dapat digunakan sebagai pendekatan yang efektif. Artikel ini akan membahas rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan metode SAS dalam pembelajaran MMP. Pengertian Metode Analitik Sintetik (SAS): Metode Analitik Sintetik (SAS) adalah metode pembelajaran yang menggabungkan pendekatan analitik dan sintetik dalam proses pembelajaran. Pendekatan analitik digunakan untuk memecah materi pembelajaran menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sedangkan pendekatan sintetik digunakan untuk menggabungkan bagian-bagian tersebut menjadi keseluruhan yang utuh. Dalam pembelajaran MMP, metode SAS dapat digunakan untuk mengajarkan anak-anak mengenali huruf, membaca kata-kata sederhana, dan menulis kata-kata sederhana. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode SAS dalam Pembelajaran MMP: 1. Tujuan Pembelajaran: - Membantu anak-anak mengenali huruf-huruf abjad. - Membantu anak-anak membaca kata-kata sederhana. - Membantu anak-anak menulis kata-kata sederhana. 2. Langkah-langkah Pembelajaran: a. Pendahuluan: - Memperkenalkan huruf-huruf abjad kepada anak-anak. - Mengajarkan cara pengucapan dan penulisan huruf-huruf abjad. b. Analisis: - Memecah kata-kata sederhana menjadi huruf-huruf penyusunnya. - Mengajarkan cara membaca kata-kata sederhana dengan mengenali huruf-huruf penyusunnya. c. Sintesis: - Menggabungkan huruf-huruf penyusun kata-kata sederhana menjadi kata-kata utuh. - Mengajarkan cara menulis kata-kata sederhana dengan menggabungkan huruf-huruf penyusunnya. d. Evaluasi: - Mengukur kemampuan anak-anak dalam mengenali huruf-huruf abjad. - Mengukur kemampuan anak-anak dalam membaca kata-kata sederhana. - Mengukur kemampuan anak-anak dalam menulis kata-kata sederhana. 3. Penilaian: - Menggunakan tes tertulis untuk mengukur kemampuan anak-anak dalam mengenali huruf-huruf abjad, membaca kata-kata sederhana, dan menulis kata-kata sederhana. - Memberikan umpan balik kepada anak-anak mengenai kemampuan mereka dalam pembelajaran MMP. Kesimpulan: Metode Analitik Sintetik (SAS) merupakan metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP). Dengan menggunakan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai, guru dapat mengajarkan anak-anak mengenali huruf-huruf abjad, membaca kata-kata sederhana, dan menulis kata-kata sederhana dengan lebih efektif. Dengan demikian, pembelajaran MMP dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal dalam pengembangan kemampuan membaca dan menulis pada anak usia dini.