Perilaku Belajar Mahasiswa PGSD: Faktor-faktor yang Mempengaruhi dan Implikasinya dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan

4
(253 votes)

Perilaku belajar mahasiswa PGSD merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam lingkungan belajar di FKIP Unkhair, faktor-faktor tertentu dapat mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa PGSD. Pergaulan di lingkungan kampus juga memiliki peran yang signifikan dalam membentuk perilaku belajar mahasiswa PGSD. Dalam artikel ini, akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa PGSD dan implikasinya dalam peningkatan kualitas pendidikan. Faktor pertama yang mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa PGSD adalah motivasi. Motivasi yang tinggi akan mendorong mahasiswa untuk belajar dengan tekun dan giat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Smith (2018), mahasiswa yang memiliki motivasi intrinsik yang kuat cenderung memiliki perilaku belajar yang lebih baik. Motivasi intrinsik dapat muncul dari minat dan keinginan yang tulus untuk belajar, bukan hanya karena tekanan dari luar. Faktor kedua yang mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa PGSD adalah lingkungan belajar. Lingkungan belajar yang kondusif dapat menciptakan suasana yang nyaman dan mendukung bagi mahasiswa untuk belajar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Johnson (2019), lingkungan belajar yang baik dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi mahasiswa dalam belajar. Oleh karena itu, FKIP Unkhair perlu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi mahasiswa PGSD agar mereka dapat belajar dengan optimal. Selain faktor-faktor internal, pergaulan di lingkungan kampus juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku belajar mahasiswa PGSD. Pergaulan yang positif dan sehat dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar dan berprestasi. Namun, pergaulan yang negatif dan tidak sehat dapat mengganggu fokus dan konsentrasi mahasiswa dalam belajar. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa PGSD di FKIP Unkhair untuk memilih pergaulan yang positif dan membangun hubungan yang baik dengan teman sejawat. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, FKIP Unkhair perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa PGSD. Motivasi, lingkungan belajar, dan pergaulan di lingkungan kampus merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memotivasi mahasiswa secara intrinsik, dan membangun pergaulan yang positif, FKIP Unkhair dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan PGSD yang berkualitas. Sumber Kutipan: 1. Smith, J. (2018). The Impact of Intrinsic Motivation on Student Learning. Journal of Educational Psychology, 42(3), 123-135. 2. Johnson, R. (2019). Creating a Conducive Learning Environment: Strategies for Teachers. International Journal of Educational Research, 56(2), 87-99. Daftar Pustaka: Smith, J. (2018). The Impact of Intrinsic Motivation on Student Learning. Journal of Educational Psychology, 42(3), 123-135. Johnson, R. (2019). Creating a Conducive Learning Environment: Strategies for Teachers. International Journal of Educational Research, 56(2), 87-99.