Desain Terbalik: Sebuah Pendekatan Inovatif dalam Mengembangkan Kurikulum yang Berpusat pada Mahasiswa

4
(230 votes)

Desain terbalik adalah pendekatan inovatif dalam pengembangan kurikulum yang berpusat pada mahasiswa. Pendekatan ini memfokuskan pada apa yang diharapkan mahasiswa capai dan bagaimana mereka akan menunjukkan pemahaman mereka, sebelum menentukan apa dan bagaimana mereka akan belajar. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu desain terbalik, mengapa penting, bagaimana prosesnya, manfaatnya, dan tantangan dalam menerapkannya. <br/ > <br/ >#### Apa itu desain terbalik dalam pengembangan kurikulum? <br/ >Desain terbalik, juga dikenal sebagai desain instruksional terbalik, adalah pendekatan inovatif dalam pengembangan kurikulum yang berpusat pada mahasiswa. Pendekatan ini memulai proses desain dengan menentukan hasil belajar yang diinginkan, lalu bekerja mundur untuk mengembangkan penilaian dan aktivitas pembelajaran yang akan membantu mahasiswa mencapai hasil tersebut. Dengan kata lain, desain terbalik memfokuskan pada apa yang diharapkan mahasiswa capai dan bagaimana mereka akan menunjukkan pemahaman mereka, sebelum menentukan apa dan bagaimana mereka akan belajar. <br/ > <br/ >#### Mengapa desain terbalik penting dalam pengembangan kurikulum? <br/ >Desain terbalik penting dalam pengembangan kurikulum karena pendekatan ini memastikan bahwa semua aspek kurikulum - dari tujuan pembelajaran hingga penilaian dan aktivitas - berfokus pada mahasiswa dan hasil belajar yang diinginkan. Ini membantu memastikan bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas benar-benar relevan dan berarti bagi mahasiswa, dan bahwa mereka memiliki kesempatan yang cukup untuk mempraktekkan dan mendemonstrasikan pemahaman mereka. <br/ > <br/ >#### Bagaimana proses desain terbalik dalam pengembangan kurikulum? <br/ >Proses desain terbalik dalam pengembangan kurikulum biasanya melibatkan tiga langkah utama. Pertama, menentukan hasil belajar yang diinginkan. Kedua, merancang penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian hasil tersebut. Ketiga, mengembangkan aktivitas dan materi pembelajaran yang akan membantu mahasiswa mencapai hasil tersebut. Proses ini memastikan bahwa semua aspek kurikulum saling mendukung dan berfokus pada tujuan yang sama. <br/ > <br/ >#### Apa manfaat desain terbalik dalam pengembangan kurikulum? <br/ >Desain terbalik dalam pengembangan kurikulum memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah bahwa pendekatan ini memastikan bahwa semua aspek kurikulum berfokus pada mahasiswa dan hasil belajar yang diinginkan. Ini juga membantu memastikan bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas benar-benar relevan dan berarti bagi mahasiswa. Selain itu, desain terbalik juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan motivasi mahasiswa, karena mereka dapat melihat bagaimana apa yang mereka pelajari berhubungan langsung dengan tujuan mereka. <br/ > <br/ >#### Apa tantangan dalam menerapkan desain terbalik dalam pengembangan kurikulum? <br/ >Meskipun desain terbalik memiliki banyak manfaat, ada juga tantangan dalam menerapkannya. Salah satu tantangan terbesar adalah bahwa pendekatan ini membutuhkan perencanaan dan persiapan yang cermat. Ini mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan sumber daya dibandingkan dengan pendekatan pengembangan kurikulum tradisional. Selain itu, mungkin juga sulit untuk menentukan hasil belajar yang tepat dan merancang penilaian yang efektif untuk mengukur pencapaian hasil tersebut. <br/ > <br/ >Desain terbalik adalah pendekatan yang berpusat pada mahasiswa dalam pengembangan kurikulum. Dengan memulai proses desain dengan hasil belajar yang diinginkan, desain terbalik memastikan bahwa semua aspek kurikulum berfokus pada mahasiswa dan tujuan pembelajaran mereka. Meskipun ada tantangan dalam menerapkannya, manfaatnya, seperti relevansi pembelajaran dan peningkatan keterlibatan dan motivasi mahasiswa, menjadikannya pendekatan yang berharga dalam pengembangan kurikulum.