Penggunaan Code Switching dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas EFL
Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan code switching (CS) dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas EFL. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami alasan siswa menggunakan CS, persepsi guru terhadap penggunaan CS, dan dampaknya terhadap pembelajaran. Bagian: ① Alasan Penggunaan CS oleh Siswa: Penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap kurangnya kompetensi dalam pengetahuan kosakata sebagai alasan penggunaan CS. Selain itu, hasil kuesioner menunjukkan bahwa 51,5% siswa percaya bahwa mereka beralih bahasa untuk mengekspresikan apa yang mereka ingin katakan. Fungsi lain dari CS yang sesuai dengan observasi adalah 47,95% siswa berpikir bahwa mereka menggunakan CS untuk menjaga interaksi. Mayoritas siswa (51,293%) percaya bahwa mereka sering menggunakan CS untuk tujuan sosial. ② Persepsi Guru terhadap Penggunaan CS: Guru-guru memiliki pandangan yang ketat bahwa mereka hanya harus berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, hasil analisis kualitatif dari wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar guru (75%) kadang-kadang menggunakan CS untuk manajemen kelas, tetapi jarang untuk memberikan instruksi. Guru-guru juga mengakui bahwa mereka kadang-kadang menggunakan CS dalam pengajaran kosakata, tetapi jarang dalam pengajaran tata bahasa. Mereka percaya bahwa penggunaan CS hanya berlaku untuk tingkat pemula dan sebaiknya dihindari pada tingkat yang lebih tinggi. ③ Dampak CS terhadap Pembelajaran: Guru-guru percaya bahwa penggunaan CS memiliki dampak negatif pada pembelajaran siswa, terutama pada tingkat yang lebih tinggi. Mereka berpendapat bahwa siswa seharusnya tidak didorong untuk menggunakan bahasa Turki karena tidak menunjukkan kemampuan yang lebih tinggi dan tidak memudahkan pembelajaran. Namun, satu guru berpendapat bahwa penggunaan CS yang terkait dengan konteks dapat membantu peningkatan siswa. Kesimpulan: Penggunaan CS dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas EFL memiliki alasan yang beragam bagi siswa dan persepsi yang berbeda di antara guru. Meskipun ada beberapa manfaat, penggunaan CS juga memiliki beberapa kelemahan. Oleh karena itu, penting untuk memahami konteks dan dampaknya dalam pembelajaran bahasa Inggris.