Mengapa Guru Jarang Menggunakan Lingkungan Sekolah untuk Belajar?

4
(166 votes)

Penggunaan lingkungan sekolah sebagai alat belajar adalah praktik yang sangat berguna yang dapat membantu siswa belajar lebih banyak dan lebih baik. Namun, banyak guru yang jarang menggunakan lingkungan sekolah untuk belajar dengan siswa mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi keputusan ini dan mengidentifikasi cara untuk mengubah praktik ini.

Salah satu alasan utama mengapa guru jarang menggunakan lingkungan sekolah untuk belajar adalah karena mereka mungkin tidak menyadari potensi yang dimilikinya. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa lingkungan sekolah dapat menjadi sumber daya yang berguna untuk belajar, atau mereka mungkin tidak tahu bagaimana cara menggunakannya secara efektif. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat mengambil beberapa langkah untuk memanfaatkan lingkungan sekolah untuk belajar dengan siswa mereka.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi potensi yang dimiliki oleh lingkungan sekolah. Ini dapat melibatkan mengidentifikasi area di mana siswa dapat belajar lebih banyak, seperti taman sekolah, perpustakaan, atau ruang kelas. Guru juga dapat mengidentifikasi kegiatan atau acara yang dapat digunakan sebagai alat belajar, seperti perjalanan lapangan atau acara budaya.

Setelah guru mengidentifikasi potensi yang dimiliki oleh lingkungan sekolah, mereka dapat mulai mengintegrasikannya ke dalam kurikulum mereka. Ini dapat melibatkan menggabungkan kegiatan atau acara ke dalam rencana pelajaran mereka, atau menggunakan lingkungan sekolah sebagai tempat belajar untuk proyek atau tugas. Guru juga dapat bekerja dengan siswa mereka untuk mengidentifikasi cara-cara di mana lingkungan sekolah dapat digunakan sebagai alat belajar, dan membantu mereka mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang mereka butuhkan untuk memanfaatkannya secara efektif.

Secara keseluruhan, menggunakan lingkungan sekolah sebagai alat belajar adalah cara yang bagus untuk membantu siswa belajar lebih banyak dan lebih baik. Dengan mengidentifikasi potensi yang dimilikinya dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum mereka, guru dapat membantu siswa mereka belajar di luar kelas dan mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang mereka butuhkan untuk sukses di masa depan.