Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dan Memerdekakan Mereka dalam Pendidikan Abad ke-21

4
(193 votes)

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan setiap individu. Namun, dalam era abad ke-21, pendidikan harus mengalami perubahan yang signifikan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan zaman. Di SMP N 2 Kasihan Bantul, program sekolah telah dikembangkan dengan tujuan untuk kontekstualisasi pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan mereka dalam pendidikan abad ke-21. Pendidikan yang berpihak pada peserta didik adalah pendekatan yang menempatkan kepentingan dan kebutuhan peserta didik sebagai prioritas utama. Dalam program sekolah ini, guru dan staf sekolah berusaha untuk memahami dan menghargai keunikan setiap peserta didik. Mereka tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan kreatif peserta didik. Dengan demikian, peserta didik merasa dihargai dan didukung dalam proses pembelajaran mereka. Selain itu, program sekolah ini juga bertujuan untuk memerdekakan peserta didik dalam pendidikan abad ke-21. Pendidikan abad ke-21 menekankan pada pengembangan keterampilan yang relevan dengan dunia nyata dan kehidupan sehari-hari. Peserta didik diajak untuk berpikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi, dan berinovasi. Mereka diberikan kesempatan untuk mengambil inisiatif dalam pembelajaran mereka dan diberdayakan untuk mengambil tanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri. Dengan demikian, peserta didik menjadi lebih mandiri dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Program sekolah ini juga mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Peserta didik diberikan akses ke perangkat teknologi dan sumber daya digital yang relevan. Mereka diajarkan untuk menggunakan teknologi dengan bijak dan kritis, sehingga dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan pembelajaran mereka. Dengan adanya integrasi teknologi, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan digital yang penting dalam dunia yang semakin terhubung. Dalam program sekolah ini, evaluasi juga dilakukan secara holistik. Peserta didik tidak hanya dinilai berdasarkan hasil tes atau ujian, tetapi juga melalui portofolio, proyek, dan penilaian lain yang mencerminkan kemajuan mereka dalam berbagai aspek. Dengan pendekatan evaluasi yang holistik, peserta didik dapat menunjukkan potensi mereka secara lebih komprehensif. Secara keseluruhan, program sekolah di SMP N 2 Kasihan Bantul merupakan contoh nyata dari pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan mereka dalam pendidikan abad ke-21. Dalam program ini, peserta didik merasa dihargai, didukung, dan diberdayakan dalam proses pembelajaran mereka. Mereka diajak untuk berpikir kritis, berkolaborasi, dan menggunakan teknologi dengan bijak. Dengan demikian, mereka siap menghadapi tantangan di masa depan dan menjadi individu yang berdaya saing dalam masyarakat yang semakin kompleks.