**\x0a - Implementasi Penataan Ruang Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik\x0a\x0a2. **
Pendahuluan: <br/ > - Penataan ruang kelas memiliki peran signifikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Motivasi belajar peserta didik dapat meningkat secara signifikan melalui desain ruang yang efektif. <br/ > <br/ >3. Bagian: <br/ > <br/ > ① Bagian pertama: <br/ > - Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dalam konteks penataan ruang kelas. <br/ > <br/ > ② Bagian kedua: <br/ > - Tinjauan literatur mengenai implementasi desain ruang kelas yang telah berhasil meningkatkan motivasi belajar. <br/ > <br/ > ③ Bagian ketiga: <br/ > - Analisis kelebihan dan tantangan dari implementasi penataan ruang kelas terhadap motivasi belajar. <br/ > <br/ >4. Kesimpulan:** <br/ > - Penataan ruang kelas dapat menjadi instrumen kuat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pencahayaan, tata letak kursi, dan dekorasi dinding. Implementasi yang tepat memerlukan pemahaman mendalam tentang kebutuhan siswa dan lingkungan belajar mereka.