Naskh dan Mansukh: Dinamika Hukum Islam dalam Menghadapi Perubahan Zaman
Dalam khazanah hukum Islam, terdapat konsep yang mencerminkan fleksibilitas dan adaptabilitasnya terhadap perubahan zaman, yaitu *naskh* dan *mansukh*. Prinsip ini memungkinkan hukum Islam untuk tetap relevan dan responsif terhadap dinamika kehidupan manusia yang terus berkembang. Melalui *naskh* dan *mansukh*, syariat Islam mampu mengakomodasi realitas baru tanpa mengorbankan nilai-nilai fundamentalnya. <br/ > <br/ >#### Memahami Konsep *Naskh* dan *Mansukh* <br/ > <br/ >*Naskh* secara harfiah berarti "menghapus" atau "memindahkan", sedangkan *mansukh* merujuk pada hukum yang dihapus atau dipindahkan. Dalam konteks hukum Islam, *naskh* adalah penggantian atau pembatalan suatu hukum syariat dengan hukum syariat yang lain. Hukum yang membatalkan disebut *nashikh*, sementara hukum yang dibatalkan disebut *mansukh*. <br/ > <br/ >#### Dalil dan Argumen tentang *Naskh* <br/ > <br/ >Keberadaan *naskh* dalam Islam didasarkan pada dalil-dalil dari Al-Quran dan Hadits. Salah satu ayat yang menjadi landasan adalah QS. Al-Baqarah ayat 106: "Ayat mana saja yang Kami *nasakhkan*, atau Kami lupakan, maka Kami datangkan yang lebih baik darinya atau yang sebanding dengannya." Ayat ini dengan jelas menunjukkan bahwa Allah SWT berhak untuk mengganti suatu hukum dengan hukum yang lebih baik atau sebanding. <br/ > <br/ >#### Jenis-jenis *Naskh* dalam Hukum Islam <br/ > <br/ >*Naskh* dalam hukum Islam terbagi menjadi beberapa jenis. *Pertama*, *naskh* Al-Quran dengan Al-Quran, yaitu penggantian suatu ayat Al-Quran dengan ayat Al-Quran yang lain. *Kedua*, *naskh* Al-Quran dengan Hadits, yaitu penggantian hukum yang terdapat dalam Al-Quran dengan hukum yang terdapat dalam Hadits. *Ketiga*, *naskh* Hadits dengan Al-Quran, yaitu penggantian hukum yang terdapat dalam Hadits dengan hukum yang terdapat dalam Al-Quran. *Keempat*, *naskh* Hadits dengan Hadits, yaitu penggantian suatu Hadits dengan Hadits yang lain. <br/ > <br/ >#### Hikmah dan Tujuan *Naskh* <br/ > <br/ >*Naskh* memiliki beberapa hikmah dan tujuan penting dalam Islam. *Pertama*, *naskh* bertujuan untuk meringankan beban umat manusia. Allah SWT berhak untuk mengganti hukum yang dirasa terlalu berat dengan hukum yang lebih ringan. *Kedua*, *naskh* bertujuan untuk menyempurnakan hukum Islam. Hukum yang datang kemudian menyempurnakan hukum yang datang sebelumnya. *Ketiga*, *naskh* bertujuan untuk menyesuaikan hukum dengan perkembangan zaman. Hukum Islam bersifat dinamis dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. <br/ > <br/ >#### Contoh Penerapan *Naskh* dalam Kehidupan <br/ > <br/ >Salah satu contoh penerapan *naskh* adalah larangan meminum khamar secara bertahap. Pada awalnya, khamar tidak langsung diharamkan, melainkan hanya dilarang untuk mendekati shalat. Kemudian, turunlah ayat yang mengharamkan khamar secara total. Contoh lain adalah perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka'bah. Perubahan ini menunjukkan bahwa hukum Islam bersifat fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi yang baru. <br/ > <br/ >Konsep *naskh* dan *mansukh* merupakan bukti nyata dari fleksibilitas dan adaptabilitas hukum Islam dalam menghadapi perubahan zaman. Melalui mekanisme ini, hukum Islam tetap relevan dan responsif terhadap dinamika kehidupan manusia yang terus berkembang. *Naskh* dan *mansukh* memastikan bahwa syariat Islam tetap menjadi pedoman hidup yang komprehensif dan universal bagi seluruh umat manusia di setiap zaman. <br/ >