Perkembangan Seni Nasyid, Hadrah, dan Qasidah di Indonesi

4
(212 votes)

Seni nasyid, hadrah, dan qasidah merupakan bentuk seni suara yang bernapaskan Islam yang telah berkembang di Indonesia. Ketiga jenis seni ini memiliki sejarah dan karakteristik yang unik, serta memiliki peran penting dalam menyebarkan pesan-pesan agama dan sosial budaya. Nasyid, yang diyakini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad saw, merupakan bentuk seni suara yang berisi syair-syair berbahasa Arab yang mengajak kepada Allah. Nasyid pertama kali dinyanyikan oleh kaum Muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah saw. di Indonesia, nasyid mulai berkembang sekitar tahun 1980-an, yang dipelopor oleh para aktivis Islam di kampus. Dalam perkembangannya, muncul grup-grup nasyid berbahasa Indonesia dengan tema-tema yang lebih luas. Hadrah, berasal dari bahasa Arab yang artinya kehadiran, adalah bentuk seni suara yang berisi puji-pujian kepada Allah swt. dan Rasulullah saw. dengan diiringi instrumen musik rebana dan tarian dari para penabuh rebana. Hadrah telah ada sejak masa Nabi Muhammad saw, saat penyambutan kaum Ansar kepada Nabi Muhammad saw. yang hijrah dari Makkah ke Madinah. Seni hadrah berasal dari Timur Tengah dan telah mengalami penyesuaian dengan musik-musik tradisional Indonesia. Biasanya, hadrah ditampilkan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw., pernikahan, akikah, sunatan, dan sebagainya. Qasidah, berasal dari bahasa Arab yang artinya nyanyian, adalah lagu dan musik dengan syair-syair bertemakan agama Islam atau dakwah Islam. Qasidah terdiri dari lima atau enam orang yang memainkan alat musik, seperti rebana dan kecrek. Lagu-lagu qasidah mengandung unsur-unsur dakwah Islami dan nasihat-nasihat sesuai ajaran Islam. Awalnya, qasidah dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan dan diiringi rebana. Namun, dalam perkembangannya di Indonesia, lagu-lagu qasidah juga dibuat dalam bahasa Indonesia dan menggunakan alat musik modern seperti biola, gitar listrik, keyboard, dan flute. Seni qasidah ditampilkan pada acara peringatan hari besar Islam, pernikahan, khitanan, dan sebagainya. Perkembangan seni nasyid, hadrah, dan qasidah di Indonesia menunjukkan adanya minat dan apresiasi yang tinggi terhadap seni suara yang bernapaskan Islam. Ketiga jenis seni ini tidak hanya menyebarkan pesan-pesan agama, tetapi juga pesan-pesan sosial budaya. Melalui nasyid, hadrah, dan qasidah, masyarakat dapat mengungkapkan rasa syukur, kegembiraan, dan cinta kepada Allah swt. dan Rasulullah saw. serta memperkuat ikatan keagamaan dan kebersamaan. Dengan demikian, seni nasyid, hadrah, dan qasidah memiliki peran penting dalam memperkaya kehidupan keagamaan dan budaya masyarakat Indonesia. Melalui seni suara ini, pesan-pesan agama dan sosial budaya dapat disampaikan dengan cara yang indah dan menginspirasi.