Bagaimana Teori Skinner Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum Modern?

4
(206 votes)

Pendidikan adalah salah satu aspek paling penting dalam kehidupan manusia. Salah satu teori yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan kurikulum modern adalah teori Skinner. B.F. Skinner, seorang psikolog Amerika, dikenal dengan teorinya tentang behaviorisme yang berfokus pada perubahan perilaku melalui penguatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana teori Skinner mempengaruhi pengembangan kurikulum modern.

Penguatan dalam Pembelajaran

Teori Skinner menekankan pentingnya penguatan dalam pembelajaran. Menurut Skinner, perilaku yang diperkuat cenderung diulang, sementara perilaku yang tidak diperkuat cenderung diabaikan. Dalam konteks pendidikan, ini berarti bahwa siswa lebih cenderung untuk belajar dan memahami materi jika mereka menerima penguatan positif, seperti pujian atau hadiah. Ini telah mempengaruhi pengembangan kurikulum modern dengan mendorong penggunaan penguatan positif dalam kelas.

Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran

Teori Skinner juga telah mempengaruhi penggunaan teknologi dalam pendidikan. Skinner percaya bahwa pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penggunaan mesin pengajaran, yang dapat memberikan umpan balik langsung dan penguatan kepada siswa. Dalam kurikulum modern, ini telah diterjemahkan menjadi penggunaan teknologi seperti komputer dan tablet dalam kelas, yang dapat memberikan umpan balik langsung kepada siswa dan memungkinkan mereka untuk belajar pada kecepatan mereka sendiri.

Pendekatan Individual dalam Pembelajaran

Salah satu aspek lain dari teori Skinner yang telah mempengaruhi pengembangan kurikulum modern adalah penekanannya pada pendekatan individual dalam pembelajaran. Skinner percaya bahwa setiap individu unik dan oleh karena itu memerlukan pendekatan yang berbeda dalam pembelajaran. Ini telah mempengaruhi kurikulum modern dengan mendorong pendekatan yang lebih individual dalam pengajaran, dengan mengakui bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan kecepatan belajar yang berbeda.

Kurikulum Berbasis Kompetensi

Teori Skinner juga telah mempengaruhi pengembangan kurikulum berbasis kompetensi. Dalam model ini, siswa diharapkan untuk mencapai tingkat kompetensi tertentu dalam setiap area sebelum mereka dapat melanjutkan ke area berikutnya. Ini sejalan dengan teori Skinner tentang pembelajaran berbasis penguatan, di mana siswa diperkuat untuk perilaku yang diinginkan dan kemudian diharapkan untuk mengulangi perilaku tersebut.

Dalam kesimpulannya, teori Skinner telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan kurikulum modern. Dengan penekanannya pada penguatan, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pendekatan individual dalam pembelajaran, dan kurikulum berbasis kompetensi, teori Skinner telah membantu membentuk cara kita mengajar dan belajar hari ini. Meskipun ada kritik terhadap teori Skinner, tidak dapat disangkal bahwa teorinya telah memiliki dampak yang signifikan pada pendidikan dan pengembangan kurikulum.