Bagaimana Kurikulum Tersembunyi Membentuk Nilai dan Sikap Siswa?

3
(331 votes)

Dalam dunia pendidikan, kurikulum formal yang tercantum dalam buku pelajaran dan rencana pembelajaran bukanlah satu-satunya faktor yang membentuk karakter dan perilaku siswa. Terdapat pengaruh lain yang tak kalah penting, yaitu kurikulum tersembunyi. Kurikulum tersembunyi merujuk pada nilai, sikap, dan norma yang dipelajari siswa secara tidak langsung melalui interaksi sosial di lingkungan sekolah. Artikel ini akan membahas bagaimana kurikulum tersembunyi berperan dalam membentuk nilai dan sikap siswa, serta bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan mereka.

Pengaruh Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah merupakan tempat siswa menghabiskan sebagian besar waktu mereka, berinteraksi dengan guru, teman sebaya, dan staf sekolah. Interaksi ini membentuk nilai dan sikap siswa secara tidak sadar. Misalnya, sikap guru terhadap siswa, cara guru berkomunikasi, dan cara guru menyelesaikan konflik dapat menjadi contoh bagi siswa. Jika guru bersikap adil, menghargai perbedaan, dan menyelesaikan konflik dengan damai, siswa cenderung meniru perilaku tersebut. Sebaliknya, jika guru bersikap tidak adil, tidak menghargai perbedaan, dan menyelesaikan konflik dengan kekerasan, siswa juga cenderung meniru perilaku tersebut.

Interaksi Sosial di Sekolah

Interaksi sosial di sekolah juga merupakan bagian penting dari kurikulum tersembunyi. Siswa belajar tentang nilai dan sikap melalui interaksi dengan teman sebaya. Mereka belajar tentang persahabatan, kerja sama, kompetisi, dan toleransi. Jika siswa berinteraksi dengan teman sebaya yang memiliki nilai dan sikap positif, mereka cenderung meniru perilaku tersebut. Sebaliknya, jika siswa berinteraksi dengan teman sebaya yang memiliki nilai dan sikap negatif, mereka cenderung meniru perilaku tersebut.

Budaya Sekolah

Budaya sekolah juga merupakan bagian penting dari kurikulum tersembunyi. Budaya sekolah merujuk pada nilai, norma, dan tradisi yang dianut oleh sekolah. Budaya sekolah dapat membentuk nilai dan sikap siswa melalui berbagai cara, seperti melalui kegiatan ekstrakurikuler, upacara bendera, dan aturan sekolah. Misalnya, jika sekolah memiliki budaya yang menekankan pentingnya kejujuran, disiplin, dan kerja keras, siswa cenderung meniru nilai dan sikap tersebut.

Peran Guru dalam Kurikulum Tersembunyi

Guru memiliki peran penting dalam membentuk nilai dan sikap siswa melalui kurikulum tersembunyi. Guru dapat menjadi model peran bagi siswa, menunjukkan nilai dan sikap yang ingin mereka tanamkan pada siswa. Guru juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan kondusif, yang mendorong siswa untuk mengembangkan nilai dan sikap positif. Selain itu, guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.

Kesimpulan

Kurikulum tersembunyi merupakan faktor penting dalam membentuk nilai dan sikap siswa. Lingkungan sekolah, interaksi sosial di sekolah, budaya sekolah, dan peran guru semuanya berperan dalam membentuk karakter dan perilaku siswa. Penting bagi sekolah untuk menyadari pengaruh kurikulum tersembunyi dan untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan kondusif yang mendorong siswa untuk mengembangkan nilai dan sikap positif. Dengan demikian, sekolah dapat membantu siswa untuk menjadi individu yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.