Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kesempatan Respons di Kelas

4
(238 votes)

Ada sejumlah strategi yang dianggap membantu guru dalam meningkatkan jumlah kesempatan untuk merespons yang mereka berikan kepada siswa. Berikut ini adalah beberapa ide yang mungkin berguna bagi guru: 1. Memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjawab setiap bagian dari masalah. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk fokus pada satu aspek pada satu waktu, sehingga memudahkan mereka dalam memahami dan menjawab pertanyaan. 2. Gunakan setumpuk kartu catatan atau kartu flash dengan pertanyaan latihan dan latihan. Selingi tanggapan siswa individu dengan tanggapan paduan suara kelompok. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk berlatih dan mempraktikkan keterampilan mereka sebelum memberikan jawaban di depan kelas. 3. Mintalah setiap siswa menggunakan papan tulis kecil untuk menuliskan jawaban OTR dengan cepat, sambil mengangkatnya untuk menunjukkan jawabannya. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dan memberikan jawaban mereka dengan cepat dan efisien. 4. Mintalah setiap siswa mengangkat kartu dua sisi dengan ya/tidak, benar/salah, setuju/tidak setuju dengan jawaban OTR. Siswa juga bisa menggunakan jempol ke atas atau jempol ke bawah untuk setuju atau tidak setuju dengan jawaban. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk memberikan jawaban yang cepat dan sederhana, serta memfasilitasi diskusi kelompok. 5. Campurkan ulasan singkat dan cepat yang diarahkan oleh guru dari materi sebelumnya ke dalam setiap pelajaran, tanyakan tanggapan individu dan kelompok. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengulas dan mempraktikkan keterampilan mereka secara teratur, serta memberikan kesempatan untuk merespons dengan berbagai cara. 6. Ajukan pertanyaan, berikan waktu berpikir, dan kemudian panggil siswa tanpa meminta mereka mengangkat tangan. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk berpikir dan merespons dengan bebas, tanpa tekanan untuk mengangkat tangan pertama. 7. Jika seorang siswa tidak mengetahui jawabannya, berikan waktu untuk berpikir, kemudian biarkan siswa tersebut “menelepon seorang teman” untuk membantu menjawabnya. Kembali ke siswa itu dalam beberapa menit dengan pertanyaan yang sama, beri siswa kesempatan untuk merespons dengan benar. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk bekerja sama dan membantu satu sama lain dalam memahami materi. 8. Minta OTR dan kemudian gambar tongkat dengan nama siswa dari toples. Setelah siswa menjawab dengan benar, lepaskan tongkat mereka dari kolam sampai semua mendapat kesempatan (lihat di bawah). Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan adil dalam diskusi kelas, serta memberikan kesempatan bagi semua siswa untuk berpartisipasi. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, guru dapat meningkatkan jumlah kesempatan untuk merespons yang mereka berikan kepada siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik.