Peran dan Tugas Penilik dalam Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI)
Pendahuluan: Tenaga kependidikan dalam konteks PNF adalah anggota masyarakat yang mendukung penyelenggaraan satuan PNF. Penilik adalah salah satu jenis tenaga kependidikan yang memiliki tanggung jawab dalam melakukan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PNFI. Bagian: ① Definisi dan Ruang Lingkup Tenaga Kependidikan: Tenaga kependidikan mencakup pemimpin satuan pendidikan, penilik, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, teknisi sumber belajar, tenaga lapangan pendidikan, tenaga administrasi, psikolog, pekerja sosial, terapis, tenaga kebersihan, dan sebutan lain untuk petugas sejenis yang bekerja pada satuan pendidikan. ② Peran dan Tanggung Jawab Penilik: Penilik memiliki tugas utama dalam melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PNFI. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan kualitas pendidikan dan dampak positif dari program PNFI. ③ Kualifikasi dan Kompetensi Penilik: Seorang penilik PNFI harus memiliki pemahaman tentang nilai-nilai budaya masyarakat binaan, jiwa kepemimpinan, pengetahuan dan pengalaman dalam pendidikan masyarakat, serta kemampuan untuk memotivasi warga belajar dan masyarakat umum. ④ Keterampilan Supervisi dan Evaluasi: Sebagai pengendali mutu dan evaluasi dampak, penilik harus memiliki keterampilan dalam melakukan supervisi, monitoring, dan evaluasi terhadap program PNFI. Kesimpulan: Peran penilik dalam PNFI sangat penting dalam memastikan kualitas pendidikan dan dampak positif dari program-program tersebut. Mereka harus memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai serta keterampilan dalam supervisi dan evaluasi.