Meningkatkan Prestasi Belajar Mengidentifikasi Benda Padat dan Benda Cair Melalui Penggunaan Benda Konkret dan Metode Demonstrasi
Pada tahun pelajaran sebelumnya, sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep mendeskripsikan benda padat dan benda cair. Masalah ini terus berlanjut pada pertengahan semester I tahun pelajaran 2023-2024, di mana peserta didik menunjukkan hasil belajar yang rendah pada materi tersebut. Tingkat ketuntasan klasikal pada Ulangan Harian sebelumnya hanya mencapai 42,85%. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan perbaikan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan hasil belajar mengidentifikasi benda padat dan benda cair dalam pembelajaran IPA. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperbaiki kualitas proses pembelajaran melalui penggunaan benda konkret dan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, melibatkan 14 peserta didik kelas III di UPTD SPF SDN Karang Melok 1 Bondowoso. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 85% peserta didik mencapai nilai KKM 65. Data utama diperoleh melalui tes, sedangkan data pendukung diperoleh melalui observasi dari kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik. Sebanyak 86% peserta didik berhasil mencapai nilai KKM, menunjukkan peningkatan sebesar 19% dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan benda konkret dengan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mengidentifikasi benda padat dan benda cair.