Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS pada Kurikulum 2013

4
(267 votes)

Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter dan pengetahuan individu. Dalam konteks ini, metode pengajaran memainkan peran penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Dua metode yang sering digunakan dalam pendidikan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS. Kedua metode ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Artikel ini akan membahas perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dalam Kurikulum 2013.

Apa itu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS?

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan TPS (Think Pair Share) adalah dua metode yang sering digunakan dalam pendidikan. STAD adalah metode di mana siswa bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan belajar bersama. Sementara itu, TPS adalah metode di mana siswa berpikir secara individu, berpasangan untuk berdiskusi, dan berbagi pemikiran mereka dengan kelas. Kedua metode ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi.

Bagaimana Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS diterapkan dalam Kurikulum 2013?

Dalam Kurikulum 2013, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS diterapkan untuk memfasilitasi pembelajaran aktif siswa. Dalam STAD, siswa dikelompokkan dalam tim yang beragam kemampuannya dan mereka bekerja sama untuk memahami materi. Dalam TPS, siswa diberi waktu untuk berpikir tentang pertanyaan atau masalah, kemudian berpasangan untuk berdiskusi, dan akhirnya berbagi pemikiran mereka dengan kelas.

Apa perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS?

Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dapat bervariasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan STAD cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep matematika, sementara siswa yang diajar dengan TPS cenderung lebih baik dalam pemecahan masalah. Namun, hasil ini dapat bervariasi tergantung pada konteks dan cara pengajaran.

Mengapa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS penting dalam Kurikulum 2013?

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS penting dalam Kurikulum 2013 karena mereka mempromosikan pembelajaran aktif dan kolaboratif. Kedua metode ini membantu siswa untuk lebih terlibat dalam proses belajar dan memahami materi dengan lebih baik. Selain itu, mereka juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kerja sama tim.

Bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS terhadap motivasi belajar siswa?

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan bekerja dalam tim atau berpasangan, siswa merasa lebih terlibat dan bersemangat untuk belajar. Selain itu, metode ini juga dapat membantu siswa untuk merasa lebih percaya diri dalam kemampuan mereka untuk memahami dan menerapkan konsep matematika.

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS memiliki peran penting dalam Kurikulum 2013 dan dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Meskipun kedua metode ini memiliki pendekatan yang berbeda, mereka sama-sama bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematika dan memotivasi mereka untuk belajar. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memahami dan menerapkan metode ini dengan efektif untuk memaksimalkan hasil belajar siswa.