Mengatasi Hambatan Siswa dengan Disleksia dalam Kegiatan Membac

4
(191 votes)

Siswa dengan disleksia menghadapi beberapa hambatan dalam kegiatan membaca. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima hambatan yang dialami oleh siswa seperti Rani dan Surya, serta merancang skenario pembelajaran inklusi untuk membantu penanganan siswa dengan disleksia. 1. Kesulitan dalam mengenali huruf dan bunyi Siswa dengan disleksia sering mengalami kesulitan dalam mengenali huruf dan bunyi yang sesuai. Hal ini dapat menghambat kemampuan mereka dalam membaca dengan lancar dan memahami teks. Dalam skenario pembelajaran inklusi, guru dapat menggunakan metode multisensori untuk membantu siswa mengenali huruf dan bunyi dengan lebih baik. Misalnya, guru dapat menggunakan gambar, gerakan, dan suara untuk mengaitkan huruf dengan bunyi yang sesuai. 2. Masalah dalam memahami urutan kata Siswa dengan disleksia juga sering mengalami kesulitan dalam memahami urutan kata dalam kalimat. Mereka mungkin kesulitan dalam mengenali kata-kata penghubung atau mengerti bagaimana kata-kata berhubungan satu sama lain. Dalam skenario pembelajaran inklusi, guru dapat menggunakan teknik visual seperti diagram atau peta konsep untuk membantu siswa memahami hubungan antara kata-kata dalam kalimat. 3. Kesulitan dalam memahami teks yang kompleks Siswa dengan disleksia seringkali mengalami kesulitan dalam memahami teks yang kompleks, terutama jika teks tersebut memiliki kosakata yang sulit atau kalimat yang panjang. Dalam skenario pembelajaran inklusi, guru dapat menggunakan strategi pemodelan dan berpikir keras untuk membantu siswa memahami teks yang kompleks. Misalnya, guru dapat membaca teks secara bergantian dengan siswa, memberikan penjelasan tambahan, atau menggunakan pertanyaan panduan untuk membantu siswa memahami teks dengan lebih baik. 4. Kurangnya motivasi dan kepercayaan diri Siswa dengan disleksia seringkali mengalami kurangnya motivasi dan kepercayaan diri dalam kegiatan membaca. Mereka mungkin merasa frustasi karena kesulitan yang mereka hadapi dan merasa bahwa mereka tidak mampu untuk berhasil dalam membaca. Dalam skenario pembelajaran inklusi, guru dapat menggunakan pendekatan yang positif dan memberikan penguatan positif kepada siswa. Misalnya, guru dapat memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa ketika mereka berhasil membaca dengan baik, atau mengatur kegiatan membaca yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi siswa. 5. Tantangan dalam mengingat informasi yang dibaca Siswa dengan disleksia seringkali mengalami kesulitan dalam mengingat informasi yang mereka baca. Mereka mungkin kesulitan dalam mengingat detail-detail penting atau menghubungkan informasi yang berbeda dalam teks. Dalam skenario pembelajaran inklusi, guru dapat menggunakan teknik pengulangan dan pengingatan untuk membantu siswa mengingat informasi yang mereka baca. Misalnya, guru dapat menggunakan kartu-kartu kata atau permainan memori untuk membantu siswa mengingat kosakata atau fakta-fakta penting dalam teks. Dengan menggunakan skenario pembelajaran inklusi yang tepat, kita dapat membantu siswa dengan disleksia mengatasi hambatan dalam kegiatan membaca. Dengan dukungan dan pendekatan yang sesuai, siswa seperti Rani dan Surya dapat mengembangkan kemampuan membaca mereka dan meraih kesuksesan dalam pendidikan mereka.