Meningkatkan Program Gemar Membaca (GERGEMA) Melalui Evaluasi dan Refleksi Rutin

4
(339 votes)

Kepala sekolah memainkan peran penting dalam memastikan keberlangsungan program Gemar Membaca (GERGEMA) di sekolah. Dengan melakukan monitoring rutin terhadap jalannya kegiatan GERGEMA, kepala sekolah dapat memastikan bahwa program ini berjalan sesuai dengan tujuan dan manfaatnya bagi siswa. Selain itu, melakukan refleksi mingguan setelah kegiatan tersebut berlangsung akan membantu dalam mengevaluasi efektivitas program dan menemukan cara untuk meningkatkannya. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia, walikelas, dan majelis guru juga memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan program GERGEMA. Pertemuan rutin setiap bulan untuk mengevaluasi program yang telah berjalan akan memberikan kesempatan bagi para guru untuk saling berbagi pengalaman, mengevaluasi keberhasilan program, dan merencanakan perbaikan yang diperlukan. Selain itu, membuat angket kepada murid secara berkala akan memberikan wawasan yang berharga mengenai kelebihan dan kekurangan program yang telah berjalan, sehingga dapat dilakukan perbaikan yang tepat. Dengan pendekatan ini, program GERGEMA dapat terus berkembang dan memberikan manfaat maksimal bagi siswa. Melalui evaluasi dan refleksi rutin, sekolah dapat memastikan bahwa program ini tetap relevan dan efektif dalam meningkatkan minat baca siswa.