Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Inkuiri di SDN 65 Manggopoh Utar
<br/ >Pendahuluan: <br/ >Pendekatan inkuiri adalah metode yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara yang aktif dan menarik. Dalam penelitian ini, kami akan menjelajahi bagaimana pendekatan inkuiri dapat diterapkan di SDN 65 Manggopoh Utara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. <br/ >Metode Penelitian: <br/ >Penelitian ini dilakukan di SDN 65 Manggopoh Utara, yang terletak di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV, dengan jumlah siswa 17 orang, terdiri dari 10 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Penelitian melibatkan penulis sebagai praktisi dan teman sejawat sebagai pengamat. <br/ >Waktu dan Durasi Penelitian: <br/ >Penelitian ini dilaksanakan selama satu semester pada tahun pelajaran 2012/2013 di kelas IV SDN 65 Manggopoh Utara. Penelitian dimulai dari siklus I dan berlanjut hingga penulisan laporan penelitian. <br/ >Hasil: <br/ >Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, pendekatan inkuiri membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang materi dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Selain itu, pendekatan inkuiri juga membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerja sama tim dan komunikasi. <br/ >Kesimpulan: <br/ >Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri adalah metode yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan pendekatan inkuiri di SDN 65 Manggopoh Utara, kami dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang materi dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Selain itu, pendekatan inkuiri juga membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerja sama tim dan komunikasi.