Pengelolaan Kelas Bu Siska dengan Model Pembelajaran yang Dipilih

4
(314 votes)

Pengelolaan kelas merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana Bu Siska dapat mengelola kelasnya dengan menggunakan model pembelajaran tertentu. Model ini akan disusun dalam bentuk bagan lengkap dengan langkah-langkah dan waktu pembelajaran selama 80 menit. Tujuan dari pengelolaan kelas ini adalah untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Model pembelajaran yang dipilih untuk pengelolaan kelas Bu Siska adalah model Cooperative Learning. Model ini dipilih karena dapat meningkatkan interaksi antara siswa, membangun kerjasama tim, dan mendorong partisipasi aktif dari setiap siswa. Berikut adalah bagan lengkap pengelolaan kelas Bu Siska dengan model Cooperative Learning: 1. Langkah Awal (5 menit) - Bu Siska menyambut siswa dengan ramah dan memberikan salam pagi. - Bu Siska memperkenalkan topik pembelajaran hari ini dan memberikan gambaran singkat tentang apa yang akan dipelajari. - Bu Siska memotivasi siswa dengan memberikan contoh relevan atau cerita pendek yang menarik perhatian siswa. 2. Pembentukan Kelompok (10 menit) - Bu Siska membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang. - Bu Siska memastikan bahwa setiap kelompok memiliki anggota yang memiliki kemampuan yang beragam. - Bu Siska memberikan instruksi kepada setiap kelompok tentang tugas atau aktivitas yang akan dilakukan. 3. Pemberian Materi (20 menit) - Bu Siska memberikan penjelasan materi secara singkat dan jelas kepada seluruh kelas. - Bu Siska memberikan contoh atau ilustrasi yang memperjelas konsep yang diajarkan. - Bu Siska memastikan bahwa setiap siswa memahami materi dengan mengajukan pertanyaan atau meminta siswa untuk mengulang kembali penjelasan. 4. Diskusi Kelompok (25 menit) - Setiap kelompok diberikan waktu untuk berdiskusi tentang materi yang telah diajarkan. - Bu Siska berkeliling ke setiap kelompok untuk memberikan bimbingan dan menjawab pertanyaan siswa. - Bu Siska memastikan bahwa setiap anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi dan memberikan kontribusi mereka. 5. Presentasi Kelompok (15 menit) - Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada seluruh kelas. - Bu Siska memberikan umpan balik positif dan konstruktif kepada setiap kelompok. - Bu Siska memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk berbicara dan berbagi pemikiran mereka. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Bu Siska dapat mengelola kelasnya dengan baik menggunakan model Cooperative Learning. Model ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi. Selain itu, model ini juga dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dan membangun kerjasama tim.