Melampaui Pertanyaan Biasa: Mengapa Sesi Pertanyaan OSIS Perlu Berani Berinovasi? **

4
(237 votes)

** Sesi pertanyaan OSIS, sebuah wadah bagi siswa untuk menyampaikan aspirasi dan kritik, seringkali terjebak dalam rutinitas. Pertanyaan yang diajukan cenderung monoton, berputar di sekitar isu-isu umum seperti fasilitas sekolah atau jadwal pelajaran. Padahal, sesi ini memiliki potensi besar untuk menjadi ruang diskusi yang lebih dinamis dan bermakna. Mengapa kita perlu melampaui pertanyaan biasa? Pertama, sesi pertanyaan yang inovatif dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Pertanyaan yang menantang status quo, yang menggali lebih dalam tentang nilai-nilai sekolah, atau yang mengusulkan solusi inovatif, akan merangsang diskusi yang lebih berbobot. Kedua, sesi pertanyaan yang unik dapat meningkatkan partisipasi siswa. Dengan format yang menarik, seperti debat terbuka, simulasi parlemen, atau bahkan sesi tanya jawab dengan tokoh inspiratif, siswa akan lebih termotivasi untuk terlibat aktif. Ketiga, sesi pertanyaan yang inovatif dapat menjadi platform untuk membangun budaya sekolah yang lebih positif. Dengan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan berpartisipasi aktif, sesi ini dapat menjadi wadah untuk melahirkan ide-ide baru, solusi kreatif, dan semangat kolaborasi yang lebih kuat. Tentu, mengubah format sesi pertanyaan OSIS membutuhkan usaha ekstra. Namun, dengan sedikit kreativitas dan komitmen, kita dapat menciptakan ruang diskusi yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi seluruh komunitas sekolah. Bayangkan, jika sesi pertanyaan OSIS tidak hanya menjadi wadah untuk menyampaikan keluhan, tetapi juga menjadi ruang untuk melahirkan ide-ide cemerlang dan solusi inovatif. Itulah yang dapat kita capai dengan berani berinovasi.