Dampak Smartphone dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas

4
(305 votes)

Pendahuluan:

Dalam era digital seperti sekarang ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, ada perdebatan tentang apakah smartphone mengganggu proses belajar mengajar di kelas. Artikel ini akan membahas berbagai pendapat siswa mengenai dampak smartphone dalam pembelajaran.

Bagian Pertama:

Beberapa siswa berpendapat bahwa smartphone tidak mengganggu proses pembelajaran di kelas. Mereka berargumen bahwa smartphone dapat digunakan untuk mencari materi yang relevan dengan pelajaran. Dalam hal ini, smartphone menjadi alat yang berguna untuk memperdalam pemahaman siswa. Selain itu, siswa juga menyatakan bahwa mereka hanya menggunakan smartphone ketika diizinkan oleh guru, sehingga tidak mengganggu konsentrasi mereka dalam belajar.

Bagian Kedua:

Namun, ada juga siswa yang berpendapat sebaliknya. Mereka mengatakan bahwa smartphone dapat mengganggu fokus dalam pembelajaran. Salah satu alasan yang disebutkan adalah adanya notifikasi tidak penting yang membuat siswa teralihkan perhatiannya. Ketika siswa sedang mengantuk di kelas, mereka cenderung membuka smartphone untuk mengusir rasa kantuk, sehingga mengabaikan materi yang sedang diajarkan oleh guru.

Bagian Ketiga:

Terdapat juga siswa yang berpendapat bahwa penggunaan smartphone dalam pembelajaran tergantung pada situasi dan kondisi tertentu. Mereka menyatakan bahwa mereka menggunakan smartphone dalam kondisi tertentu, seperti saat moving class atau ketika diperlukan untuk mencari referensi tugas. Mereka juga mengakui bahwa guru memiliki peran penting dalam mengatur penggunaan smartphone di kelas, sehingga siswa dapat tetap fokus pada pembelajaran.

Kesimpulan:

Berdasarkan berbagai pendapat siswa, dapat disimpulkan bahwa dampak smartphone dalam proses belajar mengajar di kelas dapat bervariasi. Meskipun ada siswa yang menganggap smartphone tidak mengganggu pembelajaran karena dapat digunakan untuk mencari materi, ada juga siswa yang mengalami gangguan fokus akibat adanya notifikasi tidak penting. Namun, penggunaan smartphone dalam pembelajaran dapat diatur dengan baik oleh guru, sehingga siswa dapat tetap fokus dan memanfaatkan smartphone secara efektif dalam mendukung pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi guru dan siswa untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dengan memperhatikan penggunaan smartphone.