Pentingnya Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Terpadu

3
(470 votes)

Keterampilan membuka dan menutup pelajaran merupakan dua keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru, tidak hanya dalam melaksanakan pembelajaran terpadu, tetapi juga saat mengajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran apapun. Kedua keterampilan ini memiliki peran penting dalam mempengaruhi kualitas proses dan hasil pembelajaran terpadu. Keterampilan membuka pelajaran berkaitan dengan usaha guru dalam memulai kegiatan pembelajaran. Ini melibatkan menarik perhatian siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan mempersiapkan siswa untuk memasuki kegiatan inti pembelajaran. Keterampilan ini tidak hanya terjadi pada awal pembelajaran, tetapi juga dapat terjadi beberapa kali selama kegiatan pembelajaran berlangsung, seperti pada awal dan akhir setiap penggalan kegiatan pembelajaran. Di sisi lain, keterampilan menutup pelajaran berkaitan dengan usaha guru dalam mengakhiri kegiatan pembelajaran. Ini melibatkan merangkum materi yang telah dibahas, menindaklanjuti tema yang telah dibahas, dan memastikan siswa memahami materi yang telah dipelajari. Keterampilan ini juga dapat terjadi beberapa kali selama kegiatan pembelajaran, seperti pada awal dan akhir setiap penggalan kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran terpadu, kegiatan membuka dan menutup pelajaran bukanlah kegiatan yang bersifat administratif seperti mengisi daftar hadir siswa atau menyiapkan alat dan media pembelajaran. Kedua kegiatan kegiatan-kegiatan yang berkaitan secara langsung dengan pembahasan materi pelajaran. Dengan demikian, penting bagi guru untuk menguasai keterampilan membuka dan menutup pelajaran agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Dalam kesimpulannya, keterampilan membuka dan menutup pelajaran merupakan keterampilan yang penting dalam pembelajaran terpadu. Dengan menguasai kedua keterampilan ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien, serta mempengaruhi kualitas proses dan hasil pembelajaran terpadu.