Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Menggunakan Media Montase pada Siswa Kelas Dua Madrasah Ibtidaiyah
Pendahuluan: Kemampuan motorik halus adalah kemampuan untuk menggunakan otot-otot kecil di tangan dan jari untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kefasihan dan ketepatan. Kemampuan motorik halus yang baik sangat penting dalam perkembangan anak, karena dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam menulis, menggambar, dan melakukan tugas-tugas sehari-hari lainnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang penggunaan media montase sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa kelas dua Madrasah Ibtidaiyah. Metode Penelitian: Dalam penelitian ini, kami melibatkan 30 siswa kelas dua Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki tingkat kemampuan motorik halus yang beragam. Kami membagi siswa menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol tidak menerima intervensi apa pun, sementara kelompok eksperimen diberikan latihan menggunakan media montase selama 30 menit setiap hari selama 4 minggu. Hasil Penelitian: Setelah 4 minggu, kami mengamati peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus pada kelompok eksperimen. Siswa-siswa ini menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk mengendalikan pena, memegang dan memanipulasi benda-benda kecil, dan melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kefasihan dan ketepatan. Di sisi lain, tidak ada perubahan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus pada kelompok kontrol. Diskusi: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media montase dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa kelas dua Madrasah Ibtidaiyah. Media montase melibatkan penggunaan bahan-bahan seperti kertas, gunting, dan lem untuk membuat gambar atau komposisi visual. Aktivitas ini melibatkan penggunaan otot-otot kecil di tangan dan jari, sehingga dapat membantu melatih dan mengembangkan kemampuan motorik halus siswa. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa penggunaan media montase dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa kelas dua Madrasah Ibtidaiyah. Aktivitas ini melibatkan penggunaan otot-otot kecil di tangan dan jari, dan dapat membantu melatih dan mengembangkan kemampuan motorik halus siswa. Oleh karena itu, kami merekomendasikan penggunaan media montase sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa kelas dua Madrasah Ibtidaiyah.