Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Finger Painting: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas

4
(334 votes)

Penelitian tindakan kelas (PTK) telah menjadi metode yang populer dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak-anak. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan dalam PTK adalah finger painting. Finger painting adalah kegiatan seni di mana anak-anak menggunakan jari mereka untuk membuat gambar dan menciptakan karya seni yang unik. Dalam penelitian ini, kami akan membahas dua siklus PTK yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting. Pada siklus pertama, kami akan memperkenalkan kegiatan finger painting kepada anak-anak dan mengamati perkembangan keterampilan motorik halus mereka selama beberapa minggu. Pada siklus kedua, kami akan melanjutkan kegiatan finger painting dan mengukur peningkatan keterampilan motorik halus anak setelah terlibat dalam kegiatan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan finger painting dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Selama siklus pertama, kami melihat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan anak-anak untuk mengendalikan gerakan jari mereka dan membuat garis-garis yang lebih halus. Pada siklus kedua, kami melihat peningkatan yang lebih lanjut dalam keterampilan motorik halus anak, dengan anak-anak mampu membuat gambar yang lebih rinci dan kompleks menggunakan jari mereka. Selain itu, kami juga melihat peningkatan dalam kreativitas dan ekspresi seni anak-anak selama kegiatan finger painting. Anak-anak menjadi lebih percaya diri dalam menciptakan karya seni mereka sendiri dan mengekspresikan ide-ide mereka melalui gambar-gambar yang mereka buat. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan finger painting tidak hanya meningkatkan keterampilan motorik halus anak, tetapi juga mempromosikan kreativitas dan ekspresi seni mereka. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan finger painting dapat menjadi metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengendalikan gerakan jari mereka dan menciptakan karya seni yang unik. Selain itu, kegiatan finger painting juga dapat meningkatkan kreativitas dan ekspresi seni anak-anak. Oleh karena itu, disarankan agar kegiatan finger painting diimplementasikan dalam kurikulum pendidikan anak-anak untuk meningkatkan keterampilan motorik halus mereka.