Menentukan Banyak Susunan Pengurus OSIS yang Dapat Dibuat

4
(383 votes)

Dalam kegiatan organisasi di sekolah, pengurus OSIS memiliki peran yang sangat penting. Mereka bertanggung jawab dalam mengatur berbagai kegiatan dan memastikan kelancaran operasional OSIS. Salah satu tugas penting dalam pembentukan pengurus OSIS adalah menentukan susunan pengurus yang tepat. Dalam kasus ini, terdapat dua puluh orang yang ingin menjadi pengurus OSIS, dan kita perlu menentukan berapa banyak susunan pengurus yang dapat dibuat. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu memperhatikan bahwa terdapat tiga posisi yang harus diisi, yaitu ketua, sekretaris, dan bendahara. Kita dapat menggunakan prinsip kombinatorial untuk menentukan berapa banyak susunan pengurus yang mungkin. Pertama, kita perlu menentukan berapa banyak cara kita dapat memilih ketua dari dua puluh orang yang ingin menjadi pengurus OSIS. Karena hanya satu orang yang dapat menjadi ketua, maka jumlah cara yang mungkin adalah dua puluh. Setelah itu, kita perlu menentukan berapa banyak cara kita dapat memilih sekretaris dari sisa sembilan belas orang yang tersisa. Karena hanya satu orang yang dapat menjadi sekretaris, maka jumlah cara yang mungkin adalah sembilan belas. Terakhir, kita perlu menentukan berapa banyak cara kita dapat memilih bendahara dari sisa delapan belas orang yang tersisa. Karena hanya satu orang yang dapat menjadi bendahara, maka jumlah cara yang mungkin adalah delapan belas. Untuk menentukan berapa banyak susunan pengurus yang dapat dibuat, kita perlu mengalikan jumlah cara yang mungkin untuk setiap posisi. Dalam hal ini, kita dapat mengalikan dua puluh, sembilan belas, dan delapan belas. Hasilnya adalah: 20 x 19 x 18 = 6840 Jadi, terdapat 6840 susunan pengurus OSIS yang dapat dibuat dari dua puluh orang yang ingin menjadi pengurus. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C, yaitu 6.640. Dengan menentukan susunan pengurus yang tepat, OSIS dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi siswa dan sekolah.