Penerapan Strategi Pencapaian Konsep dalam Pembelajaran: Analisis Langkah-Langkah dan Penilaian **

4
(217 votes)

1. Pendahuluan Strategi Pencapaian Konsep (Concept Attainment) merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak. Strategi ini didasarkan pada teori kognitivisme, yang menekankan pentingnya proses berpikir dan penciptaan dalam belajar. Artikel ini akan membahas langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran menggunakan strategi pencapaian konsep, serta menganalisis kriteria penilaian yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran. 2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran Strategi Pencapaian Konsep Strategi pencapaian konsep terdiri dari tiga tahap utama: a. Kegiatan Awal * Motivasi: Guru dapat memulai dengan mengajukan pertanyaan pemantik atau menampilkan gambar yang menarik perhatian siswa terkait konsep yang akan dipelajari. * Apersepsi: Guru menghubungkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuan siswa sebelumnya. * Penyampaian Tujuan: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran. b. Kegiatan Inti * Presentasi Contoh dan Non-Contoh: Guru memperkenalkan contoh dan non-contoh dari konsep yang akan dipelajari. * Identifikasi Atribut: Siswa diminta untuk mengidentifikasi atribut atau ciri-ciri yang membedakan contoh dan non-contoh. * Formulasi Definisi: Siswa bersama-sama guru merumuskan definisi konsep berdasarkan atribut yang telah diidentifikasi. * Aplikasi: Siswa diajak untuk menerapkan konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru. c. Kegiatan Penutup * Evaluasi: Guru melakukan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep yang telah dipelajari. * Refleksi: Siswa dan guru merefleksikan proses pembelajaran dan hasil yang dicapai. * Tugas Rumah: Guru memberikan tugas rumah untuk memperkuat pemahaman siswa. 3. Penilaian Pembelajaran Pencapaian Konsep Penilaian dalam pembelajaran pencapaian konsep dapat dilakukan melalui dua aspek: a. Aspek Umum * Partisipasi Aktif: Mengukur tingkat keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, seperti memberikan contoh, mengajukan pertanyaan, dan berdiskusi. * Kemampuan Mengidentifikasi Atribut: Mengukur kemampuan siswa dalam mengenali ciri-ciri yang membedakan contoh dan non-contoh. * Kemampuan Merumuskan Definisi: Mengukur kemampuan siswa dalam merumuskan definisi konsep berdasarkan atribut yang telah diidentifikasi. * Kemampuan Menerapkan Konsep: Mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru. b. Aspek Khusus * Kemampuan Menentukan Contoh dan Non-Contoh: Mengukur kemampuan siswa dalam menentukan contoh dan non-contoh dari konsep yang telah dipelajari. * Kemampuan Menjelaskan Alasan: Mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan alasan mengapa suatu contoh termasuk dalam kategori contoh atau non-contoh. 4. Kesimpulan Strategi pencapaian konsep merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak. Penerapan strategi ini membutuhkan perencanaan yang matang, partisipasi aktif siswa, dan penilaian yang komprehensif. Dengan menerapkan langkah-langkah dan kriteria penilaian yang tepat, strategi pencapaian konsep dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. 5. Saran * Guru perlu memilih konsep yang memiliki atribut yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa. * Guru perlu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. * Guru perlu menggunakan berbagai metode penilaian untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep yang telah dipelajari. Emosi/Wawasan:** Penerapan strategi pencapaian konsep dalam pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Dengan memahami konsep dengan baik, siswa dapat lebih mudah dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.