Penggunaan Flashcards untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak dengan Kongenital Sindrom di Kelas Pandu Sekolah Bertalenta Khusus Pradnyagam

4
(194 votes)

Laporan ini merupakan hasil dari Praktik Kerja Lapangan yang dilakukan oleh penulis di Sekolah Bertalenta Khusus Pradnyagama. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktik Kerja Lapangan dan sebagai laporan untuk mitra PKL. Dalam praktik kerja lapangan ini, penulis berfokus pada kelas Pandu yang memiliki siswa baru dengan kongenital sindrom. Berdasarkan hasil observasi penulis, siswa bernama Kurkur mengalami hambatan dalam aspek motorik dan bahasa. Oleh karena itu, penulis mengusulkan penggunaan flashcards sebagai media untuk mengatasi permasalahan pada bahasa Kurkur. Media flashcards yang diusulkan memiliki tujuan untuk meningkatkan kosa kata khususnya mengenai konsep kemandirian. Diharapkan bahwa penggunaan media flashcards ini dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak dengan kongenital sindrom di kelas Pandu, Sekolah Bertalenta Khusus Pradnyagama. Melalui penggunaan flashcards, diharapkan Kurkur dapat mengembangkan kosa kata dan kemampuan bahasanya secara lebih baik. Kata kunci: Praktik Kerja Lapangan, Kongenital Sindrom, Flashcards, Bahasa