Perbedaan Pendekatan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Sebelumnya

4
(203 votes)

Pendidikan adalah elemen penting dalam pembentukan karakter dan pengetahuan individu. Dalam konteks Indonesia, pendekatan pembelajaran telah mengalami berbagai perubahan seiring berjalannya waktu. Salah satu perubahan terbaru adalah pengenalan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini berbeda dari kurikulum sebelumnya dalam berbagai aspek, termasuk pendekatan pembelajaran. Artikel ini akan membahas perbedaan pendekatan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan kurikulum sebelumnya.

Pendekatan Pembelajaran dalam Kurikulum Sebelumnya

Kurikulum sebelumnya di Indonesia, seperti Kurikulum 2013, menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih terpusat pada guru. Guru bertanggung jawab untuk menyampaikan materi pelajaran dan siswa diharapkan untuk menerima dan memahami informasi tersebut. Pendekatan ini sering disebut sebagai pendekatan pembelajaran berpusat pada guru. Meskipun pendekatan ini telah berhasil dalam beberapa aspek, namun seringkali tidak memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar.

Pendekatan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Sebaliknya, Kurikulum Merdeka mengadopsi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam pendekatan ini, siswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi dan memahami materi pelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam proses belajar mereka. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, serta mendorong mereka untuk menjadi pembelajar yang mandiri.

Perbedaan Utama antara Dua Pendekatan

Perbedaan utama antara pendekatan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan kurikulum sebelumnya terletak pada peran guru dan siswa dalam proses belajar. Dalam kurikulum sebelumnya, guru adalah pusat proses belajar, sedangkan dalam Kurikulum Merdeka, siswa menjadi pusat proses belajar. Selain itu, Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pengembangan keterampilan dan kompetensi siswa, bukan hanya pengetahuan teoritis.

Implikasi dari Perbedaan Pendekatan Pembelajaran

Perbedaan pendekatan pembelajaran ini memiliki implikasi yang signifikan terhadap proses belajar mengajar. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan untuk lebih aktif dalam proses belajar, yang dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, pendekatan ini juga dapat membantu siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan bertanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri.

Dalam konteks pendidikan di Indonesia, perubahan pendekatan pembelajaran dari berpusat pada guru ke berpusat pada siswa merupakan langkah yang penting. Ini menunjukkan komitmen untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia agar dapat menghadapi tantangan di masa depan dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan. Meskipun perubahan ini mungkin memerlukan penyesuaian dari guru dan siswa, namun manfaat jangka panjangnya dapat sangat berharga.