Saran di Kantin, Sebuah Kisah Kecil yang Bermakna **

4
(193 votes)

** Hari itu, seperti biasa, kantin sekolah ramai oleh siswa yang ingin mengisi perut sebelum pelajaran dimulai. Aku, seperti biasa, memilih sudut meja yang sepi untuk menikmati sarapan. Tiba-tiba, seorang teman sekelas, sebut saja namanya Rara, menghampiriku dengan wajah cemberut. "Eh, kamu udah makan?" tanyanya. "Udah, nih," jawabku sambil menunjuk nasi goreng di depanku. "Aku pengen makan nasi goreng juga, tapi habis," katanya dengan nada kecewa. "Kenapa gak beli yang lain aja?" tanyaku. "Gak mau, aku pengen nasi goreng," jawabnya. Aku pun terdiam sejenak. Melihat Rara yang tampak kecewa, aku teringat akan sebuah saran yang pernah kudengar dari guru BK. Beliau pernah berkata, "Jangan takut untuk menyampaikan pendapat, bahkan hal kecil sekalipun. Siapa tahu saranmu bisa bermanfaat bagi orang lain." "Gimana kalau kita kasih saran ke kantin buat nambah stok nasi goreng?" tanyaku. Rara langsung terkesima. "Ide bagus! Kita bisa tulis surat ke Pak Bambang, tukang kantinnya." Akhirnya, kami berdua menulis surat berisi saran untuk menambah stok nasi goreng di kantin. Tak disangka, Pak Bambang menyambut saran kami dengan baik. Keesokan harinya, nasi goreng di kantin kembali tersedia. Rara pun senang karena bisa menikmati nasi goreng kesukaannya. Dari kejadian itu, aku belajar bahwa sebuah saran, sekecil apapun, bisa berdampak besar bagi orang lain. Tak perlu takut untuk menyampaikan pendapat, karena siapa tahu, saranmu bisa membuat dunia lebih baik, bahkan hanya di lingkungan sekolah sekalipun.