Canva: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII di SMAN 1 Bandar Sribhawono **

4
(231 votes)

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran semakin marak, dan Canva, sebagai platform desain grafis yang mudah digunakan, menawarkan potensi besar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Canva dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XII di SMAN 1 Bandar Sribhawono. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok siswa kelas XII, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Canva dalam pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam pembelajaran secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII di SMAN 1 Bandar Sribhawono. Siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan skor motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pembahasan: Penggunaan Canva dalam pembelajaran memberikan beberapa manfaat yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Canva memungkinkan siswa untuk menciptakan konten visual yang menarik, seperti presentasi, poster, dan infografis, yang dapat meningkatkan pemahaman dan retensi materi. Selain itu, Canva juga mendorong kreativitas dan kolaborasi di antara siswa, yang dapat meningkatkan rasa kepemilikan dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam pembelajaran dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII di SMAN 1 Bandar Sribhawono. Platform ini menawarkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan keterlibatan, kreativitas, dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Saran: Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru dan sekolah dalam mengimplementasikan penggunaan Canva dalam pembelajaran. Penting untuk memastikan bahwa penggunaan Canva diintegrasikan secara efektif dalam kurikulum dan didukung oleh pelatihan yang memadai bagi guru dan siswa. Refleksi:** Penelitian ini memberikan bukti nyata bahwa teknologi dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penggunaan Canva dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan pemahaman dan retensi materi, tetapi juga mendorong kreativitas dan kolaborasi di antara siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya untuk terus mengeksplorasi dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi siswa.