Proses Pembaharuan Reservasi Kamar Hotel
Pada artikel ini, kita akan membahas tentang proses pembaharuan reservasi kamar hotel. Sebagai seorang reservation clerk, tugas utama Anda adalah menerima pembaharuan pemesanan kamar melalui email dan menangani proses pemesanan kamar dari tamu. Dalam hal ini, kita akan fokus pada kasus pembaharuan reservasi kamar hotel oleh seorang tamu dengan nama Mr. Will Smith. Data awal yang diterima adalah sebagai berikut: - Nama pengirim: Mr. Will Smith - Tanggal kedatangan: 04 Maret 2023 - Maskapai penerbangan kedatangan: GA 703 - Estimasi waktu kedatangan: 012.12 PM - Tanggal keberangkatan: 09 Maret 2023 - Maskapai penerbangan keberangkatan: GA 701 - Estimasi waktu keberangkatan: 3.00 PM - Alamat: 456 Silverback California Spring CA 34566 - Jumlah orang: 2 orang (Mr. dan Mrs. Will Smith) - Jumlah kamar: 1 (double superior room) - Nomor telepon: +4477-16104747 - Nomor fax: +4477-16104748 - Permintaan khusus: Layanan antar jemput dari bandara ke hotel - Pembayaran: P/ACC - Kontak person: Mr. Will Smith Namun, kemudian ada perubahan dalam reservasi yang diajukan oleh tamu tersebut. Data perubahan reservasi adalah sebagai berikut: - Nama pengirim: Mr. Will Smith - Tanggal kedatangan: 05 Maret 2023 - Maskapai penerbangan kedatangan: GA 704 - Estimasi waktu kedatangan: 01.PM - Tanggal keberangkatan: 10 Maret 2023 - Maskapai penerbangan keberangkatan: GA 705 - Estimasi waktu keberangkatan: 11.AM - Alamat: 456 Silverback California Spring CA 34566 - Jumlah orang: 3 orang (Mr. dan Mrs. Will Smith dan anak laki-laki mereka yang berusia 12 tahun) - Jumlah kamar: 1 double deluxe dengan extra bed - Nomor telepon: +4477-16104747 - Nomor fax: +4477-16104748 - Permintaan khusus: Kamar di lantai pertama, menghadap kolam renang, dan layanan antar jemput dari bandara ke hotel - Pembayaran: P/A CC - Kontak person: Mr. Will Smith Dalam proses pembaharuan reservasi ini, Anda perlu melaksanakan beberapa tugas, antara lain: a. Mengisi formulir reservasi dengan data perubahan yang diberikan oleh tamu. b. Mengisi Reservation Rack Slip untuk mencatat perubahan reservasi. c. Mengisi Density Chart untuk memantau ketersediaan kamar. d. Melakukan blocking room untuk memastikan kamar yang dipesan tidak diberikan kepada tamu lain. e. Mengirimkan Reservation Confirmation kepada tamu untuk mengkonfirmasi perubahan reservasi. f. Membuat Expected Arrival List untuk memastikan kesiapan hotel dalam menyambut tamu. Dengan melaksanakan semua tugas tersebut, Anda dapat memastikan bahwa proses pembaharuan reservasi kamar hotel berjalan lancar dan tamu merasa puas dengan layanan yang diberikan.