Pentingnya Pengembangan Modul Keterampilan Belajar untuk Mahasisw

4
(322 votes)

<br/ >Pendahuluan <br/ > <br/ >Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan masalah yang tidak pernah selesai di Indonesia. Menurut data dari Human Development Index tahun 2011, Indonesia berada pada peringkat 108 di dunia dalam hal kualitas SDM. Hal ini menempatkan Indonesia jauh di bawah negara-negara seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Dalam era globalisasi yang menuntut persaingan antarnegara, Indonesia perlu meningkatkan daya saingnya dalam pasar dunia. <br/ > <br/ >Salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas SDM adalah keterampilan belajar. Mahasiswa universitas perlu memiliki keterampilan belajar yang baik untuk mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan oleh universitas. Untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan belajar mereka, pengembangan modul keterampilan belajar menjadi sangat penting. <br/ > <br/ >Metode <br/ > <br/ >Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dari bulan Februari hingga November 2013. Data dikumpulkan melalui observasi, studi dokumentasi, dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. <br/ > <br/ >Hasil <br/ > <br/ >Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul keterampilan belajar dapat dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, persiapan penulisan, dan penulisan dan penyuntingan. Modul yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan belajar mereka. <br/ > <br/ >Kesimpulan <br/ > <br/ >Pengembangan modul keterampilan belajar merupakan langkah yang penting dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Mahasiswa perlu memiliki keterampilan belajar yang baik agar dapat bersaing dalam pasar kerja yang semakin kompetitif. Dengan adanya modul keterampilan belajar yang tepat, mahasiswa dapat mengembangkan kemandirian dalam belajar dan memenuhi kebutuhan dunia kerja. <br/ > <br/ >Kata Kunci: modul, keterampilan belajar, kemandirian belajar