Hubungan antara Grammar Skill dengan Reading Skill dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Gotong Royong

4
(188 votes)

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, Grammar Skill dan Reading Skill merupakan dua aspek penting yang saling terkait. Grammar Skill mengacu pada pemahaman dan penerapan tata bahasa dalam Bahasa Inggris, sedangkan Reading Skill mengacu pada kemampuan siswa dalam memahami teks tertulis dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara Grammar Skill dengan Reading Skill di SMP Gotong Royong. Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh Diva untuk membuktikan adanya hubungan antara Grammar Skill dengan Reading Skill adalah dengan melakukan analisis korelasi antara kedua variabel tersebut. Korelasi adalah metode statistik yang digunakan untuk mengukur sejauh mana dua variabel bergerak bersamaan. Dalam hal ini, Diva dapat menggunakan korelasi Pearson untuk mengukur hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill siswa. Hipotesis statistik yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut: H0: Tidak ada hubungan antara Grammar Skill dengan Reading Skill di SMP Gotong Royong. H1: Terdapat hubungan antara Grammar Skill dengan Reading Skill di SMP Gotong Royong. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, Diva dapat menggunakan uji korelasi Pearson. Uji ini akan memberikan koefisien korelasi antara -1 hingga 1, di mana nilai positif menunjukkan hubungan positif antara kedua variabel, nilai negatif menunjukkan hubungan negatif, dan nilai nol menunjukkan tidak adanya hubungan. Selain itu, uji ini juga akan memberikan nilai signifikansi yang menunjukkan seberapa kuat bukti yang ada untuk mendukung hipotesis. Dalam penelitian ini, Diva telah mengumpulkan data Grammar Skill dan Reading Skill dari 30 sampel siswa di SMP Gotong Royong. Dengan menggunakan uji korelasi Pearson, Diva dapat menghitung koefisien korelasi antara kedua variabel dan menentukan apakah hubungan tersebut signifikan secara statistik. Berdasarkan hasil uji statistik yang tepat, Diva dapat menentukan seberapa besar persentase Variabel Reading Skill yang dapat dijelaskan oleh Variabel Grammar Skill. Hal ini dapat dilakukan dengan menghitung koefisien determinasi (R^2), yang merupakan kuadrat dari koefisien korelasi. Nilai R^2 menunjukkan persentase variasi dalam Variabel Reading Skill yang dapat dijelaskan oleh Variabel Grammar Skill. Dengan demikian, penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara Grammar Skill dengan Reading Skill dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Gotong Royong. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan metode pengajaran Bahasa Inggris yang lebih efektif dan efisien.