Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Kelas XI Kurikulum 2013

3
(174 votes)

Banyak guru matematika mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal-soal HOTS menuntut siswa untuk tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga mengaplikasikannya dalam konteks yang baru dan kompleks. Artikel ini akan menganalisis kesulitan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal HOTS matematika Kurikulum 2013 dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Kemampuan Literasi Matematika yang Rendah

Salah satu kesulitan utama siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika adalah rendahnya kemampuan literasi matematika. Literasi matematika tidak hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis simbol matematika, tetapi juga kemampuan untuk memahami, menginterpretasi, dan mengkomunikasikan ide matematika dalam berbagai konteks. Soal HOTS seringkali disajikan dalam bentuk cerita atau masalah kontekstual yang menuntut siswa untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa matematika. Siswa dengan literasi matematika yang rendah akan kesulitan dalam memahami konteks soal, mengidentifikasi informasi yang relevan, dan menerjemahkannya ke dalam model matematika.

Pemahaman Konsep yang Kurang Mendalam

Soal HOTS matematika menuntut siswa untuk benar-benar memahami konsep matematika, bukan hanya menghafal rumus. Soal HOTS seringkali menguji pemahaman siswa tentang hubungan antar konsep matematika dan aplikasinya dalam situasi yang berbeda. Siswa yang hanya menghafal rumus tanpa benar-benar memahami konsep di baliknya akan kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS. Mereka akan cenderung memilih rumus yang salah atau tidak dapat mengaplikasikan rumus dengan tepat karena tidak memahami konsep yang mendasarinya.

Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif yang Terbatas

Soal HOTS matematika dirancang untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Siswa dituntut untuk menganalisis informasi, mengevaluasi solusi yang berbeda, dan menciptakan solusi baru yang inovatif. Namun, kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa seringkali belum terasah dengan baik. Mereka terbiasa dengan soal-soal rutin yang hanya menuntut aplikasi rumus sederhana. Akibatnya, mereka kesulitan dalam berpikir out of the box dan menemukan solusi yang kreatif untuk soal HOTS.

Kurangnya Kepercayaan Diri

Rendahnya kepercayaan diri juga menjadi faktor penghambat siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika. Soal HOTS yang kompleks dan tidak familiar seringkali membuat siswa merasa takut dan ragu-ragu. Mereka merasa tidak yakin dengan kemampuannya dan cenderung mudah menyerah sebelum mencoba. Kurangnya kepercayaan diri ini dapat menghambat potensi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, meskipun mereka sebenarnya memiliki kemampuan untuk melakukannya.

Siswa kelas XI menghadapi berbagai kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS matematika Kurikulum 2013. Rendahnya kemampuan literasi matematika, pemahaman konsep yang kurang mendalam, kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang terbatas, serta kurangnya kepercayaan diri menjadi faktor-faktor penghambat utama. Untuk mengatasi kesulitan ini, diperlukan upaya kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi.